ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PADA UJI KIR DI DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN TEGAL

SILA PINASTIKA MUTTAQIN, . (2024) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PADA UJI KIR DI DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN TEGAL. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI SILA PINASTIKA COVER 1-4 - Edi Fitron.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI SILA PINASTIKA 5-6 - Edi Fitron.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SILA - Edi Fitron.pdf

Download (159kB)

Abstract

Nama : Sila Pinastika Muttaqin NPM : 2120600018 Judul : “Analisis Kualitas Pelayanan pada Uji KIR di Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal” Uji KIR adalah pengecekan kendaraan agar kondisi kendaraan dalam kondisi baik ketika berkendara di jalan, sehingga keselamatan pengendara terjamin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pada Uji KIR di Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi pada pelaksanaan Uji KIR di Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif adapun jumlah informan sebanyak 8 orang. Penelitian ini menggunakan teknis analisis data yang terdiri dari: pengumplan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Kepastian Hukum dikategorikan Sudah Baik, seperti Dasar Hukum Pelayanan Uji KIR yang sudah ada. Keprofesionalan dikategorikan Kurang Baik, Sarana dan Prasarana yang belum lengkap dan kurang layak.Persamaan Perlakuan/Tidak Diskiminatif dikategorikan Kurang Baik, seperti terdapat Masyarakat yang diperlakkan tidak adil. Ketepatan Waktu dikategorikan Cukup Baik, seperti Waktu penyelesaian satu buah kendaraan yang sudah ditentukan. Fasilitas dan Perlakuan Khusus bagi Kelompok Rentan dikategorikan Sudah Baik, seperti Fasilitas yang sudah tersedia dan berfungsi dengan baik, Kecepatan, Kemudahan dan Keterjangkauan dikategorikan Sudah Baik, seperti Aplikasi Online yang membuat praktisBerdasarkan 6 indikator diatas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa secara keselurhan kualitas pelayanan dikategorikan Cukup Baik, apabila dinilai dengan angka menggunakan skala 1-100, maka nilainya 70. Kendala yang dihadapi pada pelaksanaan Uji KIR di Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal, yaitu ada Alat Uji rusak, jumlah Teknisi KIR kurang, ada Pegawai KIR yang bertindak diluar kewenangan, tidak ada Ruang Tunggu, tidak ada tulisan “PENDAFTARAN” dan faktor KKN Pegawai Seksi Uji KIR. Kata Kunci: Kualitas, Pelayanan, Uji KIR

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Oct 2024 02:20
Last Modified: 24 Oct 2024 02:20
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9876

Actions (login required)

View Item View Item