Gusma Abdullah Nur Muhammad, . (2024) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA ORGANISASI DALAM MEWUJUDKAN PENDIDIKAN HUMANIS DI SMPN 1 TANJUNG KABUPATEN BREBES. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
Cover Bab I - Bab III PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA ORGANISASI DALAM MEWUJUDKAN PENDIDIKAN HUMANIS DI SMPN 1 TANJUNG KABUPATEN BREBES - Gusma Abdullah.pdf Download (1MB) |
|
Text
Bab IV - Bab V PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA ORGANISASI DALAM MEWUJUDKAN PENDIDIKAN HUMANIS DI SMPN 1 TANJUNG KABUPATEN BREBES - Gusma Abdullah.pdf Restricted to Repository staff only Download (891kB) |
|
Text
Daftar Pustaka dan Lampiran - Gusma Abdullah.pdf Download (3MB) |
Abstract
Berangkat dari pemahaman bahwa pendidikan adalah proses humanisasi yang bersifat on going formation (tahap demi tahap dan berkelanjutan), maka pendidikan perlu dikelola dengan serius dan tepat fungsi. Kepemimpinan pendidikan menjadi isu utama yang harus diperhatikan. Keberhasilan sekolah dalam mencapai tujuannya sangat bergantung pada kepemimpinan kepala sekolah. Di samping isu kepemimpinan, budaya organisasi di sekolah juga merupakan isu yang fundamental dalam mewujudkan pendidikan humanis di sekolah. Nilai-nilai yang diyakini bersama sebagai sebuah budaya organisasi sekolah akan sangat berpengaruh terhadap suasana pendidikan karakter yang humanis. Menjadi tantangan bersama pengelola lembaga pendidikan saat ini adalah sebuah pertanyaan retoris, mampukah pengelola lembaga pendidikan mengimplementasikan konsep pendidikan humanistik di lembaganya ?. Pada studi populatif di SMPN 1 Tanjung Kabupaten Brebes dengan pendekatan kuantitatif, 50 responden guru dilibatkan menjadi responden pengisian kuesioner untuk mengukur persepsi tentang pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan budaya organisasi sekolah terhadap terwujudnya pendidikan humanis. Setelah melakukan serangkaian teknik pengumpulan dan analisis data, didapatkan hasil uji t secara parsial pada variabel kepemimpinan transformasional terhadap variabel pendidikan humanis diketahui t hitung (2,699) > t tabel (2,012) atau Sig. (0,006) < 0,05 yang bermakna kepemimpinan transformasional secara parsial berpengaruh signifikan terhadap pendidikan humanis. Pada variabel budaya organisasi terhadap variabel pendidikan humanis, diperoleh t hitung (2,843) > t tabel (2,012) atau Sig. (0,007) < 0,05. Hal tersebut bermakna budaya organisasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap pendidikan humanis. Disamping itu, penelitian dikembangkan pada uji stimultan (uji F) untuk mengetahui pengaruh kedua variabel bebas secara simultan terhadap variabel terikat. Diperoleh hasil nilai F hitung sebesar 4.622 dengan nilai signifikansi yang dihasilkan yaitu 0,015 (< 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel independen yang meliputi kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi memiliki pengaruh secara simultan terhadap variabel dependen pendidikan humanis. Hal tersebut dikuatkan dalam uji koefisien determinasi yang menunjukkan bahwa besarnya Adjusted R Square adalah 0,714. Hal ini berarti ada 71,4% besar pengaruh kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi terhadap terwujudnya pendidikan humanis di SMPN 1 Tanjung Kabupaten Brebes. Sedangkan sisanya dikarenakan oleh sebab-sebab lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci : Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Pendidikan Humanis
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pedagogi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 03:10 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 03:10 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9922 |
Actions (login required)
View Item |