HUBUNGAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 3 BREBES TAHUN PELAJARAN 2018/2019

WAHYUDIN, RAHMAT (2020) HUBUNGAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 3 BREBES TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI RAHMAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

WAHYUDIN, RAHMAT. 2018. Hubungan Kemampuan Guru dalam Mengelola Kelas terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas X di SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2018/2019. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pedidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dra. Mursyidah DH, SH., MH Pembimbing II Drs. Subiyanto, M. Pd Kata kunci : Kemampuan guru, pengelolaan kelas, prestasi belajar, Pendidikan Kewarganegaraan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa kemampuan guru dalam mengelola kelas di SMA Negeri 3 Brebes, untuk mengetahui prestasi belajar PKn siswa kelas X di SMA Negeri3 Brebes, dan terakhir untuk menganalisa hubungan kemampuan guru dalam mengelola kelas terhadap prestasi belajar PKn siswa kelas X di SMA Negeri 3 Brebes tahun pelajaran 2018/2019. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X di SMA Negeri 3 Brebes tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 334 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 20% dari populasi sehingga berjumlah 38 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana, uji hipotesis antara variabel X dan Y, uji determinasi dan uji t. Hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi = 0.141 sedangkan hasil perhitungan uji korelasi diperoleh 0,007 < 0.05 dengan dan N = 50. Maka dapat dikatakan terdapat hubungan antara kemampuan guru dalam mengelola kelas terhadap prestasi belajar PKn. Selanjutnya untuk uji determinasi diketahui bahwa kemampuan guru dalam mengelola kelas memberikan kontribusi sebesar 18,57% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kemudian hasil perhitungan uji t diperoleh harga t hitung yang selanjutnya dibandingkan dengan harga t tabel. Untuk dan 43 diperoleh harga t tabel = 2,00. Karena t hitung 2,808 lebih besar dari t tabel , maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan guru dalam mengelola kelas terhadap prestasi belajar PKn. Berdasarkan hasil perhitungan angket maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola kelas di SMA Negeri 3 Brebes masuk dalam kategori baik. Kemudian prestasi belajar PKN siswa kelas X di SMA Negeri 3 Brebes juga masuk dalam kategori baik.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Feb 2020 04:43
Last Modified: 04 Feb 2022 03:45
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/1339

Actions (login required)

View Item View Item