ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP N 10 Kota Tegal Tahun Ajaran 2020/2021 pada Pokok Materi Bangun Ruang Sisi Datar)

ZULFAA MULYANI, . (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP N 10 Kota Tegal Tahun Ajaran 2020/2021 pada Pokok Materi Bangun Ruang Sisi Datar). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Skripsi (Zulfa Mulyani_PMTK_1717500056 - Zulfaa Mulyani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Mulyani,Zulfaa.2021. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Motivasi Belajar Matematika Selama Pandemi Covid-19. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Wikan Budi Utami,M.Pd Pembimbing II:Drs. Ponoharjo M.Pd Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Motivasi Belajar, Bangun Ruang Sisi Datar Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan cara yang dilakukan siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Tegal dalam memecahkan masalah matematika materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari motivasi belajar siswa selama pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Prosedur penelitian ini meliputi: 1) Tahap pra lapangan yaitu dengan melihat subjek yang dilakukan melalui wawancara terhadap guru yang bersangkutan 2) Tahap penelitian yaitu dengan memberikan angket motivasi belajar matematika dan tes kemempuan pemecahan masalah matematis terhadap 30 siswa kelas VIII D. Setelah itu dilakukan wawancara terhadap 6 subjek terpilih yaitu (2 subjek motivasi belajar tinggi, 2 subjek motivasi sedang, 2 motivasi belajar rendah). 3) Tahap analisis data dengan menggunakan model miles dan Huberman yaitu dengan mereduksi data,menyajikan data dan menarik kesimpulan. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII D SMP N 10 Tegal. Adapun instrumen pendukung untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu angket motivasi belajar, tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) Cara-cara yang digunakan siswa dengan kategori motivasi belajar tinggi dapat memenuhi 4 indikator kemampuan pemecahan masalah matematis yaitu memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali. 2) Cara-cara yang digunakan siswa dengan kategori motivasi belajar sedang dapat memenuhi 3 indikator kemampuan pemecahan masalah matematis yaitu menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali. 3) Cara-cara yang digunakan siswa dengan kategori motivasi belajar sedang dapat memenuhi 2 indikator kemampuan pemecahan masalah matematis yaitu memahami masalah dan menyusun rencana penyelesaian.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 16 Nov 2021 06:53
Last Modified: 19 Jun 2024 06:01
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4179

Actions (login required)

View Item View Item