FANISA ISMATUL MAULA, . (2021) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Materi Statistika Semester Genap SMP N 1 Pangkah Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
SKRIPSI FANISA ISMATUL MAULA (PMTK) - Fanisa ismatul Maula.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
MAULA, FANISA ISMATUL, 2021. Keefekifan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Pembelajaran Blended Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Studi Penelitian pada Peserta didik Kelas VIII Materi Statistika Semester Genap SMP N 1 Pangkah Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs.Suwandono, M.Pd Pembimbing II Dra.Eleonora Dwi W, M.Pd Kata Kunci : Keefektifan, Discovery Learning, Blended Learning, Prestasi Belajar Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh laporan ada tidaknya perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik pada kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada pembelajaran Blended Learning dengan kelas yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran knvensional pada materi pokok Statistika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 1 Pangkah yang berjumlah 320 peserta didik. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu yang menggunakan tiga kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas uji coba, kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Discovery Learning pada pembelajaran Blended Learning, dan kelas VIII C menerapkan model pembelajaran konvensional. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan datanya melalui dua cara yaitu dokumentasi dan tes. Metode tes ini digunakan untuk mengetahui hasil prestasi belajar peserta didik setelah dilakukannya tes objektif dengan materi statistika, sedangkan dokumentasi digunakan untuk menggali data terkait data-data sekolah, data peserta didik, dan foto pelaksanaan proses pembelajaran. Data dianalisis dengan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Model pembelajaraan Discovery Learning pada pembelajaran Blended Learning berhasil diterapkan karena banyak peserta didik yang nilainya mencapai KKM sebanyak 60%. Hal ini ditunjukkan bahwa nilai Zhitung = 0,66 > Ztabel = 0,2454, 2) Model Pembelajaran Discovery Learning pada pembelajaran Blended Learning lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional untuk meningkatkan prestasi belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP N 1 Pangkah. Hal ini ditunjukkan bahwa nilai thitung = 3,266 > ttabel = 1,670 dengan taraf signifikansi 5%.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 25 Nov 2021 04:39 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 01:15 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4227 |
Actions (login required)
View Item |