FARIDAH (2019) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU AKUNTANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA JURUSAN AKUNTANSI DI SMK N 2 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
FARIDAH 1315500016 (PE, SKRIPSI 2019).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Faridah. 2019. “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Profesional Guru Akuntansi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Jurusan Akuntansi Di SMK N 2 Tega Tahun Pelajaran 2018/2019l“. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendididkan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Hj. Faridah, M.Si Pembimbing II Dewi Amaliah Nafiati, S. Pd, M. Si Kata kunci : Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Prestasi Belajar Siswa Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ada tidaknya pengaruh : (1) Kompetensi pedagogik guru akuntansi terhadap prestasi belajar siswa; (2) Kompetensi profesional guru akuntansi terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 2 Tegal jurusan akuntansi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah populasi sejumlah 287 dan sampel sejumlah 141 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket/kuesioner. Proses pengolahan data dianalisis dengan analisis statistik deskriptif, regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Hasil analisis data diperoleh sebagai barikut : (1) Diketahui koefisien regresi sederhana variabel kompetensi pedagogik (X1) terhadap variabel prestasi belajar siswa (Y) sebesar (βX1Y) = 0,431, maka Y sebesar 47,054 + 0,431X1. Dengan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikan (0,05), atau nilai 0,000 < 0,05, ini artinya ada pengaruh kompetensi pedagogik terhadap prestasi belajar siswa. (2) Diketahui koefisien regresi variabel kompetensi profesional (X2) terhadap variabel prestasi belajar siswa (Y) sebesar (βX2Y) = 0,520. maka Y sebesar 39.944 + 0,520X2. Dengan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikan (0,05), atau nilai 0,000 < 0,05, ini artinya ada pengaruh kompetensi profesional terhadap prestasi belajar siswa.; (3) Hasil analisis regresi berganda Y= 39,118 + 0,112X1 + 0,419X2, dengan nilai signifikan lebih kecil dari taraf signifikan (0,05), atau nilai 0,000 < 0,05, ini menunjukan bahwa tingginya kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru akan memeberikan kontribusi secara nyata terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Adapun saran yang diajukan bagi guru yaitu untuk terus berupaya meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional dalam melaksanakan kewajibannya sebagai pengajar karena berpengaruh pada peningkatan prestasi belajar siswa dengan cara melakukan pembelajaran yang efektif dan efisien. Siswa diharapkan untuk terus belajar untuk meningkatkan prestasi belajar terutama pada mata pelajaran Akuntansi, siswa juga harus memahami faktor-faktor apa saja yang perlu ditingkatkan dan yang menghambat prestasi belajar.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 24 Jan 2020 07:38 |
Last Modified: | 04 Feb 2022 06:22 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/466 |
Actions (login required)
View Item |