PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Suatu penelitian pada peserta didik kelas X Semester 2 di SMA NEGERI 5 Tegal Tahun Ajaran 2022/2023)

RAHMAH NABILLA, . (2024) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Suatu penelitian pada peserta didik kelas X Semester 2 di SMA NEGERI 5 Tegal Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER-BAB3 (RAHMAH NABILLA) - Rahma Nabila.docx
Restricted to Repository staff only

Download (772kB)
[img] Text
BAB 4-5 (RAHMAH NABILLA) - Rahma Nabila.docx
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN - Rahma Nabila.docx

Download (5MB)

Abstract

NABILLA, RAHMAH. 2023. Pengaruh Kemandirian Belajar dan Motivasi Belajar Peserta Didik Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik (Suatu Penelitian pada Peserta Didik Kelas X Semester 2 di SMA Negeri 5 Tegal Tahun Ajaran 2022/2023).Skirpsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dra. Eleonora Dwi W, M.Pd., Pembimbing II Dian Nataria O, S.Si., M.Pd., Kata Kunci : Kemandirian Belajar dan Motivasi Belajar Tujuan penelitan ini adalah untuk: (1) mengetahui pengaruh kemandirian belajar peserta didik terhadap prestasi be;ajar peserta didik, (2) mengetahui pengaruh motovasi belajar peserta didik terhadap prestasi belajar peserta didik, (3) mengetahui pengaruh kemandirian dan motivasi belajar peserta didik terhadap prestasi belajar peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalag seluruh peserta didik kelas X semester 2 di SMA Negeri 5 Tegal Tahun Ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 9 kelas yang berjumlah 321 peserta didik. Dari populasi tersebut di ambil sempel dengan menggunakan teknik simplem random sampling dan diperoleh kelas X5 dan X7 sebagai sempel pada penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Uji instrumen kuisioner pada peneltian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat pada penelitian ini adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis pada penelitian adalah regresi sederhana dan regresi ganda dengan taraf signifikansi 5% Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan dari kemandirian belajar peserta didik terhadap prestasi belajar pesera didik terlihat dari ∝=0,05 dan nilai signifikansi nya 0,000000000000000095 yang berarti nilai signifikansi f < ∝. (2) ada pengaruh yang signifikan dari kemandirian belajar peserta didik terhadap prestasi belajar pesera didik terlihat ∝=0,05 dan nilai signifikansi nya 0,000000000000056 yang berarti nilai signifikansi f < ∝ (3) ada pengaruh yang signifikan dari kemandirian belajar dan motivasi belajar peserta didik terhadap prestasi belajar peserta didik terlihat dari hasil uji t Kemandirian Belajar (X1) 5,3052 dan ttabel menggunakan taraf signifikansi ( nilai P-velue) yaitu 0,0000013 maka 0,0000013 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Selanjutnya menunjukkan t hitung dari variabel Motivasi Belajar (X2) 3,4758 dan ttabel menggunakan taraf signifikansi ( nilai P-velue) yaitu 0,0009 maka 0,0009 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 23 Apr 2024 04:14
Last Modified: 23 Apr 2024 04:14
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8755

Actions (login required)

View Item View Item