ERVIN NURHEDIYANTO, . (2024) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTU MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI BERBASIS CONSTRUCT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 1 Tegal Tahun Ajaran 2023/2024 pada Materi Data dan Diagram). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
Ervin Nurhediyanto_1722600016_Skripsi_(Cover - Bab 3) - Ervin Nurhediyanto.docx Download (1MB) |
|
Text
Ervin Nurhediyanto_1722600016_Skripsi_(Bab 4 - Bab 5) - Ervin Nurhediyanto.docx Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
|
Text
Ervin Nurhediyanto_1722600016_Skripsi_(Dapus - Lampiran) - Ervin Nurhediyanto.docx Download (6MB) |
Abstract
Nurhediyanto, Ervin. 2024. “Keefektifan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantu Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Construct terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Prestasi Belajar Peserta Didik (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 1 Tegal Tahun Ajaran 2023/2024 pada Materi Data dan Diagram)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dra. Eleonora Dwi W., M.Pd. Pembimbing II Dr. Munadi, M.Si. Kata kunci: Discovery Learning, game edukasi berbasis Construct, komunikasi matematis, prestasi belajar, pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perbedaan antara model pembelajaran Discovery Learning berbantu media game edukasi berbasis Construct dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar peserta didik; (2) menilai apakah model pembelajaran Discovery Learning berbantu media game edukasi berbasis Construct lebih baik daripada model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis; (3) menilai apakah model pembelajaran Discovery Learning berbantu media game edukasi berbasis Construct lebih baik daripada model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode probability sampling dengan teknik cluster random sampling, yang menghasilkan tiga kelas sampel: kelas kontrol, kelas eksperimen, dan kelas uji coba. Data dikumpulkan melalui dokumentasi dan tes, dengan instrumen berupa tes kemampuan komunikasi matematis berbentuk uraian sebanyak 10 butir soal, serta 10 butir soal tes prestasi belajar peserta didik yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran dengan taraf signifikansi 5%. Teknik analisis data menggunakan uji manova one way dan uji t pihak kanan, dengan pengujian normalitas dan homogenitas terlebih dahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar antara peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Discovery Learning berbantu media game edukasi berbasis Construct dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Selain itu, peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Discovery Learning berbantu media game edukasi berbasis Construct menunjukkan kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning berbantu media game edukasi berbasis Construct lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar peserta didik.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 06:32 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 06:32 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8939 |
Actions (login required)
View Item |