WIDYA PRI WAHYUNINGSIH, . (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI DITINJAU DARI EFIKASI DIRI PESERTA DIDIK (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas X Semester Genap SMA Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2023/2024 pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
COVER-BAB 3 (WIDYA PRI WAHYUNINGSIH) - widya pri wahyuningsih.docx Download (863kB) |
|
Text
BAB 4-BAB 5 (WIDYA PRI WAHYUNINGSIH) - widya pri wahyuningsih.docx Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN (WIDYA PRI WAHYUNINGSIH) - widya pri wahyuningsih.docx Download (9MB) |
Abstract
WAHYUNINGSIH, WIDYA PRI. 2024. Analisis Kemampuan Berpikir Komputasi Ditinjau dari Efikasi Diri Peserta Didik (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas X Semester Genap SMA Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2023/2024 pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Munadi Pembimbing II : Dian Nataria Oktaviani, S.Si., M.Pd. Kata Kunci : Kemampuan berpikir komputasi, Efikasi diri Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir komputasi ditinjau dari efikasi diri peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 9 peserta didik kelas X-3 SMA Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2023/2024 yang dipilih dari masing-masing 3 kategori efikasi diri. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes kemampuan berpikir komputasi, angket efikasi diri, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)Peserta didik dengan tingkat efikasi diri tinggi mampu menyelesaikannya seluruh soal pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) dengan melibatkan keterampilan dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan algoritma, tetapi pada soal nomor 3 ada 1 subjek yaitu tidak mampu melibatkan keterampilan abstraksi dan algoritma. 2)Peserta didik dengan tingkat efikasi diri sedang hanya mampu menyelesaikan 2 dari 4 soal pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) dengan melibatkan keterampilan dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan algoritma, pada soal nomor 2 ada 2 subjek yang tidak mampu melibatkan keterampilan Abstraksi dan Algortima, dan 1 subjek tidak mampu melibatkan keterampilan Dekomposisi dan Algortima, pada soal nomor 3 ada 2 subjek tidak mampu melibatkan keterampilan Abstraksi dan Algortima. 3)Peserta didik dengan tingkat efikasi diri rendah tidak mampu menyelesaikan 4 soal pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) dengan melibatkan keterampilan dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan algoritma, karena pada nomor soal nomor 1 ada 2 subjek yang tidak mampu melibatkan keterampilan Abstraksi dan Algortima, pada soal nomor 2 ada 1 subjek hanya mampu melibatkan keterampilan Pengenalan Pola saja dan 1 subjek tidak mampu melibatkan keterampilan Dekomposisis dan Algortima, pada soal nomor 3 ada 1 subjek tidak mampu melibatkan keterampilan Abstraksi dan Algortima dan 1 subjek hanya mampu melibatkan ketrampilan Pengenalan Pola saja, pada soal nomor 4 ada 2 subjek tidak mampu melibatkan ketrampilan Abstraksi dan Algortima.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 07:03 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 07:03 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8945 |
Actions (login required)
View Item |