ARIF MUKTIAJI, . (2024) ANALISIS BEBAN KENDARAAN TERHADAP KERUSAKAN JALAN LENTUR (ASPAL) PADA RUAS JALAN PANGKAH - BALAMOA KAB. TEGAL. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
COVER - BAB 3 - Arif Muktiaji.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 4-BAB 5 - Arif Muktiaji.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Arif Muktiaji, 2024 “Analisis Beban Kendaraan Terhadap Kerusakan Jalan Lentur (Aspal) Pada Ruas jalan Pangkah – Balamoa Kab. Tegal”. Laporan Skripsi Teknik Sipil Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Pancasakti Tegal 2024. Ruas jalan Pangkah-Balamoa secara administratif berada di Kabupaten Tegal dengan panjang fungsional 3,35 km dan lebar 5,25 m dengan lalu lintas volume yang padat dan perkembangan volume kendaraan baik kendaraan beroda dua, beroda empat atau lebih sehingga kondisi ini menyebabkan kerusakan jalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah lalu lintas harian rata-rata dan pengaruh volume lalu lintas harian rata-rata terhadap tingkat kerusakan pada ruas jalan Pangkah-Balamoa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode survei dengan analisis Bina Marga 1990 untuk mengetahui tingkat kerusakan yang terjadi pada ruas jalan Pangkah-Balamoa. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 hari (Senin, Rabu, dan Sabtu) di jam sibuk yaitu pagi 08.00-09.00 wib, siang 12.00-13.00 wib, dan sore 16.00-17.00 wib dengan interval 15 menit. Dari hasil survei volume lalu lintas harian rata-rata (LHR) pada ruas jalan Pangkah – Balamoa untuk kendaraan ringan 2284 kendaraan/hari, bus kecil 124 kendaraan/hari, bus besar 16 kendaraan/hari, truk 2 As 392 kendaraan/hari, truk 3 As 25 kendaraan/hari, truk 4 As 7 kendaraan/hari dengan total volume lalu lintas harian rata-rata 2848 kendaraan/hari. Hasil perhitungan truk faktor 1,1 > 1 dimana nilai tersebut menunjukkan pengaruh volume lalu lintas terhadap tingkat kerusakan jalan akibat menerima beban lalu lintas dengan tipe kerusakan alur mencapai 61,19 m2 masuk dalam kategori sedikit dengan golongan kerusakan ringan, kerusakan retak mencapai 83,73 m2 masuk dalam ketegori sedikit dengan golongan kerusakan ringan, kerusakan lubang mencapai 35,68 m2 masuk dalam kategori sedikit sekali dengan golongan kerusakan sedang, dan kerusakan lepas mencapai 64,53 m2 masuk dalam kategori sedikit dengan golongan kerusakan sedang. Kata kunci : Analisis, Volume Kendaraan, Kerusakan Jalan
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Sipil |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 19 Sep 2024 02:57 |
Last Modified: | 19 Sep 2024 02:57 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9294 |
Actions (login required)
View Item |