VARIASI JUMLAH LAYER SERAT FIBER DAN SERAT CARBON PADA KEKUATAN KOMPOSIT MATRIKS RESIN EPOXY UNTUK VISOR MOTOR

MOCHAMAD AKBAR ALFARIZY, . (2024) VARIASI JUMLAH LAYER SERAT FIBER DAN SERAT CARBON PADA KEKUATAN KOMPOSIT MATRIKS RESIN EPOXY UNTUK VISOR MOTOR. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
bab 1-3 - M.akbar Alfarizy.docx

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI AKBAR REVISI - Copy - M.akbar Alfarizy.docx
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text
Daftar Pustaka - Lampiran - Akbar Setyawan.pdf

Download (828kB)

Abstract

Mochamad Akabar Alfarizy, 2024 ‘Variasi Jumlah Serat Fiber Dan Serat Carbon Pada Kekuatan komposit Matriks Resin Epoxy Untuk Visor Motor”. Skrpsi Teknik Mesin Fakultas Teknik Dan Ilmu Kompoter Universitas Pancasakti Tegal 2024. Material komposit adalah material yang tersusun dari bahan struktural yang terdiri dari dua atau lebih bahan yang digabungkan pada tingkat makroskopik dan tidak larut satu sama lain. Komposit terdiri dari dua bahan yang disebut matrik dan serat. Matrik sebagai bahan pengikat dan serat sebagai bahan penguat. Serat yang digunakan digunakan dalam penelitian ini adalah serat karbon dan serat fiber (carbon fiber and fiber glass). Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana kekuatan tarik, bending dan impact pada komposit matriks resin epoxy yang diperkuat oleh serat carbon dan serat fiberglass. Dengan variasi 4%:6%, 5%:5% dan 6%:4%. Yang akan diaplikasikan untuk visor motor (windshield) Penelitian ini menggunakan metode eksperimen berupa penambahan 90% berat resin, 4% serat carbon dan 6% serat fiberglass, 90% berat resin 5% serat carbon dan 5% serat fiberglass, 90% berat resin 6% serat carbon 4% serat fiberlass. Teknik pembuatan komposit menggunakan Teknik lay up, bahan yang digunakan adalah serat carbon, serat fiberglas, resin epoxy, dan hardener alat yang digunakan yaitu cetakan resin, gunting, amplas dan timbangan digital. Peroses pembuatan spesimen siapkan material komposit serat carbon dan serat fiberglass lalu campur resin dan hardener dengan rasio percampuran 150gr hardener dan 300gr resin aduk dengan merata, lalu siapkan cetakan spesimen yang terbuat dari kaca pastikan cetakan bersih dan lapisi dengan relasse agent untuk memudahkan melepaskan spesimen dari cetakan. Dan aplikasikan resin pada permukaan carbon dan fiberglass tumpuk lapisan carbon dan fiberglass secara bergantian pastina setiap tumpukan terlapisi oleh resin setelah resin mengeras lepaskan spesimen dari cetakan lalu amplas spesimen hingga rata. Hasil pengujian sifat mekanik material komposit matriks resin epoxy dengan penambahan serat fiberlass dan serat carbon, dengan hasil data pengujian tegangan tarik terbesar 50.8 Mpa pada variasi C5% F5%, sedangkan Raw material memiliki tegangan tarik rata – rata 43,9 Mpa, sehingga penambahan serat carbon dan serat fiberlass mempengaruhi kekuatan tarik. Pengujian bending menghasilkan data terbesar tegangan sebesar 119,0 Mpa pada variasi C6% F4%, sedangkan Raw material memiliki tegangan bending rata – rata 64,8 Mpa, sehingga penambahan serat carbon dan serat fiberlass mempengaruhi kekuatan bending. Dan pengujian impact menghasilkan data terbesar dengan tegangan sebesar 0,024 J/mm2 pada variasi C6% F4%, sedangkan Raw material memiliki tegangan impact rata – rata 0,005 J/mm2, sehingga penambahan serat carbon dan serat fiberlass mempengaruhi kekuatan impact. Kata kunci: Komposit, serat fiberglass, serat carbon, matriks resin epoxy, Visor (windshield) sepeda motor.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Mesin
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Sep 2024 02:06
Last Modified: 30 Sep 2024 02:06
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9348

Actions (login required)

View Item View Item