PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN ANIMASI ANIMAKER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Studi Penelitian pada Siswa Kelas XI Semester Genap SMA Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2023/2024 pada Materi Statistika

FARAH SALWA RAIHANAH, . (2024) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN ANIMASI ANIMAKER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Studi Penelitian pada Siswa Kelas XI Semester Genap SMA Al-Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2023/2024 pada Materi Statistika. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI COVER-BAB 3 - Farah Salwa.docx

Download (2MB)
[img] Text
BAB 4-5 - Farah Salwa.docx
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN.. - Farah Salwa.docx

Download (6MB)

Abstract

RAIHANAH, FARAH SALWA. 2024. Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Animasi Animaker untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa dan Kemandirian Belajar Siswa (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas XI SMA Al-Irsyad Tegal Tahun Pelajaran 2023/2024 pada Materi Statistika). Skripsi. Pendidikan Matematika . Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Ibnu Sina, S.T., M. Pd., M. Kom. Pembimbing II : Dr. Paridjo, M. Pd. Kata Kunci : Pengembangan Video Animasi, Pemahaman Matematis Siswa dan Kemandirian Belajar Siswa, Statistika Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mendeskripsikan apakah pengembangan video pembelajaran matematika berbantuan animasi animaker dapat meningkatkan pemahaman siswa dan kemandirian belajar siswa pada materi statistika kelas XI. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan Pre Exploratory Plan dengan model Pretest-Posttest Control Gathering Configuration. Dengan demikian, didapat hasil pretest dan posttest yang termasuk dalam desain penelitian sehingga hasil percobaan dapat dibandingkan dengan hasil sebelum percobaan. Video pembelajaran animasi animaker diharapkan dapat memberikan sebuah pengalaman mendidik yang lebih menarik, dan memberikan suasana baru dalam proses pembelajaran. Hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa media video animasi animaker dapat meningkatkan pemahaman matematis siswa dan kemandirian belajar siswa. Hasil analisis perhitungan media video dilakukan melalui uji hipotesis dari uji-t satu pihak kanan pemahaman matematis dengan t_hitung=3,936 dan t_(tabel(33;0,05))=1,693 sehingga t_hitung>t_tabel maka Ho ditolak dengan kesimpulan terdapat peningkatan pemahaman matematis. Sedangkan untuk kemandirian belajar diperoleh t_hitung=6,506 dan t_(tabel(33;0,05))=1,693 sehingga t_hitung>t_tabel maka Ho ditolak dengan kesimpulan terdapat peningkatan kemandirian belajar siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 03 Oct 2024 01:13
Last Modified: 03 Oct 2024 01:13
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9398

Actions (login required)

View Item View Item