THE EFFECTIVENESS OF INFOGRAPHICS ON IMPROVING STUDENTS’ WRITING ABILITY (An Experimental Research at the Ninth Grade of SMP N 1 Tegal in Academic Year 2023/2024)

IZATUL GANIASIH, . (2024) THE EFFECTIVENESS OF INFOGRAPHICS ON IMPROVING STUDENTS’ WRITING ABILITY (An Experimental Research at the Ninth Grade of SMP N 1 Tegal in Academic Year 2023/2024). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
BAB 1-3 IZA - Izatul Ganiasih.pdf.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4-5 IZA - Izatul Ganiasih.pdf.docx
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
BAB REFERENSI IZA - Izatul Ganiasih.pdf.docx

Download (7MB)

Abstract

Ganiasih, Izatul. 2024: Efektivitas Penggunaan Infografis dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa (Penelitian Eksperimental pada Siswa Kelas Sembilan di SMP Negeri 1 Tegal Tahun Ajaran 2023/2024). Proyek Penelitian Strata 1 Program, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing Pertama: Yuvita, M.Pd. Pembimbing Kedua: Fajar Prihatini, M.Pd. Kata Kunci: Infografis, Siswa, Kemampuan Menulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan pengaruh positif dari integrasi infografis terhadap kemampuan menulis siswa dan untuk menilai apakah terdapat perbedaan signifikan dalam kemampuan menulis antara siswa yang diajar menggunakan infografis dan yang tidak diajar menggunakan infografis. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen murni. Populasi dalam penelitian ini melibatkan siswa kelas sembilan di SMP Negeri 1 Tegal pada tahun ajaran 2023/2024 yang dilakukan dengan pengambilan sampel acak dan dibagi menjadi dua kelas dengan masing-masing 32 siswa. Penelitian ini menggunakan tes menulis sebagai instrumen dalam penelitian ini. Berdasarkan perhitungan analisis data Paired Sample T-Test, terdapat pengaruh positif dari integrasi infografis sebagai media terhadap kemampuan menulis siswa. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0.000, yang lebih rendah dari 0.05 (0.000 < 0.05). Kemudian, berdasarkan perhitungan data menggunakan Independent Sample T-Test, dapat dilihat bahwa nilai Sig. (2- tailed) adalah 0.000, yang lebih rendah dari 0.05 (0.000 < 0.05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara nilai menulis siswa yang diajar menggunakan infografis (kelas eksperimen) dan yang diajar tanpa menggunakan infografis (kelas kontrol). Kelas yang menggunakan infografis selama dua sesi mengalami peningkatan yang signifikan. Nilai rata-rata pre-test mereka adalah 77,66, yang meningkat menjadi 89,75 pada post-test. Sedangkan kelas kontrol menunjukkan peningkatan yang lebih kecil, dengan nilai rata-rata pre- test 75,53 dan nilai post-test 80,31. Hal ini menunjukkan bahwa kelas yang menggunakan infografis mengalami peningkatan keterampilan menulis yang lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol. Disimpulkan bahwa penggunaan infografis secara efektif meningkatkan kemampuan menulis siswa. Peneliti menyarankan bahwa: 1) Siswa diberikan waktu tambahan untuk berlatih kemampuan menulis mereka di rumah atau di sekolah dengan menggunakan media agar kegiatan belajar tidak membosankan, 2) Guru dapat menggunakan teknik dan kegiatan baru dalam belajar menulis bahasa Inggris; dan 3) Peneliti selanjutnya mencoba mengeksplorasi penggunaan dan potensi manfaat infografis untuk keterampilan bahasa lainnya seperti membaca, mendengarkan, dan berbicara untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang efektivitasnya dalam pendidikan bahasa.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 16 Oct 2024 01:54
Last Modified: 16 Oct 2024 01:54
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9758

Actions (login required)

View Item View Item