ZUFAR SYAHRUL MUBAROK, . (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK (Studi Penelitian pada peserta didik kelas X Semester Genap SMA Negeri 3 Brebes Tahun Ajaran 2023/2024 pada Materi Pokok Statistika). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
COVER-BAB 3- Zufar Syahrul M.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB IV-V - Zufar Syahrul M.pdf Restricted to Repository staff only Download (699kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN - Zufar Syahrul M.pdf Download (4MB) |
Abstract
MUBAROK, ZUFAR SYAHRUL. 2024. ” Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Peserta didik (Studi Eksperimen Peserta Didik Kelas X Semester Genap SMA Negeri 3 Brebes Tahun Ajaran 2023/2024 pada Materi Statistika)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Hj. Isnani, M.Si Pembimbing II : Ibnu Sina, S.T., M.Pd., M.Kom Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Kemampuan Literasi Matematis, SMA Negeri 3 Brebes Penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan literasi matematis peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Brebes. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) kemampuan literasi matematis peserta didik yang diajar melalui model Problem Based Learning berbantuan alat peraga mengalami ketuntasan. (2) adanya peningkatan model Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi matematis peserta didik. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X Semester Genap SMA Negeri 3 Brebes Tahun Ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 11 kelas yang berjumlah 389 peserta didik. Dari populasi tersebut diambil sampel dengan menggunakan Teknik Purposive Sampling dan diperoleh satu kelas eksperimen, dan satu kelas uji coba. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, angket dan tes. Sedangkan analisis data penelitian ini menggunakan uji proporsi satu pihak kanan dan uji one sample t-test dengan taraf signifikansi 5% yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan uji N-gain. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) kemampuan literasi matematis peserta didik yang diajar melalui model Problem Based Learning berbantuan alat peraga mengalami ketuntasan. (2) adanya peningkatan model Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi matematis peserta didik
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 01:35 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 01:35 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9849 |
Actions (login required)
View Item |