WIJAYA, MOH. HADI (2025) RANCANG BANGUN RANGKA MOTOR MONKEY BERBAHAN DASAR MATERIAL BAJA KARBON MENENGAH. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
![]() |
Text
SKRIPSI_MOH. HADI WIJAYA_6422600096_TEKNIK MESIN_COVER - BAB 3 - Moh. Hadi Wijaya.docx Download (9MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_MOH. HADI WIJAYA_6422600096_TEKNIK MESIN_BAB 4 - BAB 5 - Moh. Hadi Wijaya.docx Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_MOH. HADI WIJAYA_6422600096_TEKNIK MESIN_DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN - Moh. Hadi Wijaya.docx Download (2MB) |
Abstract
Moh. Hadi Wijaya, 2024 “Rancang Bangun Rangka Motor Monkey Berbahan Dasar Material Baja Karbon Menengah” Laporan Skripsi Teknik Mesin Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Pancasakti Tegal 2024. Sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi yang paling banyak digunakan masyarakat. Sepeda motor banyak dipilih oleh masyarakat karena harganya yang relatif lebih murah serta praktis dibandingkan dengan mobil. Salah satu komponen utama pada sepeda motor ialah rangka. Rangka adalah bagian yang paling penting yang digunakan untuk sepeda motor, karena fungsi rangka itu sendiri adalah sebagai penompang komponen-komponen yang berkaitan pada sepeda motor itu sendiri. Salah satu kasus permasalahan pada rangka adalah korosi seperti yang terjadi pada rangka eSAF. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk merancang 2 model desain rangka sepeda motor untuk mengetahui nilai kekuatan rangka, Analisa menggunakan simulasi pada software yang nantinya akan di bandingkan antara rangka sepeda motor model standar dan model hasil optimalisasi. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode eksperimen berupa pembuatan 2 model desain rangka sepeda motor. Model 1 berdimensi panjang 78 cm, lebar 14 cm, tinggi 35 cm dengan total massa 90 kg dan model 2 berdimensi panjang 78 cm, lebar 14 cm, tinggi 35 cm dengan 3 lubang berdiameter 10 cm dengan prosenstase pengurangan 10% dari total massa. Analisa berupa simulasi statis menggunakan software dengan material yang digunakan berupa AISI 1045. Hasil dari simulasi menunjukkan analisa rangka standar memiliki hasil tegangan maksimum (Von Misses) 39,390 MPa dan rangka hasil optimalisasi memiliki hasil tegangan maksimum (Von Misses) 38,610 MPa. Hasil regangan (Strain) rangka standar 0,0001209 dan hasil regangan (Strain) rangka hasil optimalisasi 0,0001185. Hasil Displacement rangka standar 0,1681 mm dan hasil Displacement rangka hasil optimalisasi 0,1617 mm. Hasil Factor of Safety (FOS) rangka standar 13 dan hasil Factor of Safety (FOS) rangka hasil optimalisasi 14 dan prosentase error pada perhitungan manual dengan simulasi pada rangka standar Von Misses 20%, Strain 88%, Displacement 18%, Factor of Safety 22% dan prosentase error pada perhitungan manual dengan simulasi pada rangka hasil optimalisasi Von Misses 22%, Strain 88%, Displacement 14%, Factor of Safety 32%. Kata Kunci : Perancangan, Rangka Sepeda Motor, Analisa, Solidworks Moh. Hadi Wijaya, 2024 "Design and Construction of a Monkey Motorcycle Frame Made from Medium Carbon Steel Material" Mechanical Engineering Thesis Report, Faculty of Engineering and Computer Science, Pancasakti University, Tegal, 2024. Motorbikes are one of the most widely used means of transportation by the public. Many people choose motorbikes because they are relatively cheaper and more practical than cars. One of the main components of a motorbike is the frame. The frame is the most important part used for a motorbike, because the function of the frame itself is to support the components related to the motorbike itself. One case of problems with the frame is corrosion, as happened with the eSAF frame. The aim of this research is to design 2 motorbike frame design models to determine the frame strength values. Analysis uses simulations in software which will later be compared between the standard model motorbike frame and the optimized model. In this research, the method used is an experimental method in the form of making 2 models of motorbike frame designs. Model 1 has dimensions of length 78 cm, width 14 cm, height 35 cm with a total mass of 90 kg and model 2 has dimensions of length 78 cm, width 14 cm, height 35 cm with 3 holes with a diameter of 10 cm with a reduction percentage of 10% of the total mass. The analysis took the form of a static simulation using software with the material used being AISI 1045. The results of the simulation showed that the standard frame analysis had a maximum stress result (Von Misses) of 39,390 MPa and the optimized frame had a maximum stress result (Von Misses) of 38,610 MPa. The strain result (Strain) of the standard frame is 0.0001209 and the strain result (Strain) of the optimized frame is 0.0001185. The standard frame displacement result is 0.1681 mm and the optimized frame displacement result is 0.1617 mm. The Factor of Safety (FOS) results for the standard frame are 13 and the Factor of Safety (FOS) results for the optimized frame are 14 and the percentage error in manual calculations with simulations on the standard frame is Von Misses 20%, Strain 88%, Displacement 18%, Factor of Safety 22 % and percentage error in manual calculations with simulations in the framework of optimization results: Von Misses 22%, Strain 88%, Displacement 14%, Factor of Safety 32%. Keywords: Design, Motorcycle Frame, Analysis, Solidworks.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Mesin |
Depositing User: | admin repository upstegal |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 06:32 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 06:32 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10123 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |