TONI WIET WIHARTO, . (2025) PERILAKU BULLYING PADA PENGEMBANGAN GUIDEBOOK LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN PESERTA DIDIK KELAS XI TKR 3 SMK DIPONEGORO LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
![]() |
Text
COVER - BAB 3. - Toni Wiet wiharto.docx Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
bab 4-bab5 - Toni Wiet wiharto.docx Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN - Toni Wiet wiharto.docx Download (10MB) |
Abstract
Toni Wiet Wiharto. 2025. Pengembangan Guidebook Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Modelling Untuk Meningkatkan Kesadaran Perilaku Bullying Pada Peserta Didik Kelas XI TKR 3 SMK Diponegoro Lebaksiu Kabupaten Tegal”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Suriswo, M. Pd Pembimbing II Dr. Hanung Sudibyo, M.Pd. Perilaku bullying harus ditangani tidak hanya bagi pelaku tapi juga bagi pihak korban. Guru BK dapat memberikan dukungan emosional dan psikologis kepada korban bullying, membantu mereka memulihkan diri dari trauma yang dialami. tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui : 1) Perilaku bullying, 2) Model hipotetik awal pengembangan guidebook, 3) Model final pengembangan guidebook 4) Efektifitas pengembangan guidebook layanan konseling kelompok dengan teknik modelling untuk meningkatkan kesadaran perilaku bullying. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan model ADDIE. Perilaku bullying pada peserta didik kelas XI TKR 3 SMK Diponegoro Lebaksiu Kabupaten Tegal masih tinggi, mereka kurang menyadari dampak negatif bullying, baik sebagai pelaku maupun korban. Banyak siswa menganggap perilaku seperti ejekan, dorongan, atau pengucilan sebagai hal wajar dalam interaksi sosial, tanpa memahami konsekuensi emosional dan sosialnya. Kebutuhan akan panduan dalam melaksanakan layanan konseling kelompok sangat diharapkan oleh guru BK bertujuan untuk mempermudah konselor dalam memperoleh materi sekaligus alur dan langkah-langkah cara mengatasi permasalahan bullying. Model hipotetik awal pengembangan guidebook layanan konseling kelompok dengan teknik modelling berdasarkan validasi ahli bahwa adanya bagian-bagian yang harus diperbaiki. Revisi mencakup merasionalkan pendahuluan lebih dijelaskan, rasionalkan pentingnya konseling kelompok dengan metode modelling, RPL konseling kelompok dengan teknik modelling disusun dengan struktur yang benar, RPL dilengkapi asas-asas BK, menghadirkan model dari siswa dan buku dicetak bolak-balik agar lebih simpel. Model final pengembangan guidebook layanan konseling kelompok dengan teknik modelling untuk meningkatkan kesadaran perilaku bullying pada peserta didik kelas XI TKR 3 SMK Diponegoro Lebaksiu Kabupaten Tegal dilihat dari hasil perbaikan yang telah dilakukan menunjukkan adanya peningkatan kualitas dan kejelasan dalam rancangan guidebook layanan konseling kelompok dengan teknik modelling. Berdasarkan pengujian menggunakan angket terhadap siswa kelas XI TKR 3, diperoleh bahwa nilai t-hitung sebesar 4,197. Nilai tersebut dibandingkan dengan t-tabel pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) dengan Derajat Kebebasan (DK) = N-1, yaitu 19, menghasilkan nilai t-tabel sebesar 2,093. Karena t-hitung (4,197) > t-tabel (2,093), maka dapat disimpulkan bahwa perbedaan yang terjadi bersifat signifikan. Hal ini mengindikasikan bahwa penggunaan guidebook layanan konseling kelompok dengan teknik modelling secara nyata memberikan dampak positif dalam meningkatkan kesadaran peserta didik terhadap perilaku bullying.
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pedagogi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 06:33 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 06:33 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10129 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |