Lilik Nurendah Putri, . (2025) MODEL ASESMEN KELULUSAN FASE C PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
![]() |
Text
TESIS_LILIK NURENDAH PUTRI_BAB I-III - Lilik Nurendah Putri.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
TESIS_LILIK NURENDAH PUTRI_BAB IV - V - Lilik Nurendah Putri.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
TESIS_LILIK NURENDAH PUTRI_DAFTAR PUTAKA-LAMPIRAN - Lilik Nurendah Putri.pdf Download (9MB) |
Abstract
Lilik Nurendah Putri. 2025. “Model Asesmen Kelulusan Fase C Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia ”. Tesis, Program Studi Magister Pedagogi, Program Pascasarjana, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Purwo Susongko, M.Pd., Pembimbing II Dr. Sutji Muljani, M.Hum. Kata Kunci: asesmen, capaian pembelajaran bahasa indonesia, model rasch. Penelitian ini dilatarbelakangi pada saat ini, belum ada model asesmen kelulusan fase C pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang tidak hanya mengukur capaian akademis siswa secara objektif, tetapi mampu mendorong perkembangan keterampilan berbahasa yang lebih holistik. Penelitian ini fokus pada pengembangan instrumen asesmen berbasis teori tes modern model rasch, yang bertujuan untuk menghasilkan instrumen yang valid dan reliabel. Tujuan penelitian ini, yaitu: a. bagaimana kebutuhan peserta didik dan guru terhadap pengembangan model asesmen kelulusan fase c pada mata pelajaran bahasa indonesia; b. bagaimana desain model asesmen kelulusan fase c pada mata pelajaran bahasa indonesia; c. bagaimana validasi instrumen tes standar kelulusan fase c pada mata pelajaran bahasa indonesia yang dikembangkan dengan pendekatan model rash. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development dengan desain penelitian menggunakan ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi) yang hanya dibatasi pada ADD. Subjek penelitian terdiri dari 50 peserta didik kelas VI dari dua sekolah dasar di Gugus Kijar Dewantara, yaitu Sekolah Dasar Negeri Pucangluwuk 02 dan Sekoah Dasar Negeri Danasari 01 Dalam menganalisis dan mengembangkan instrumen digunakan validitas konstruk Messick (1996) yang terdiri dari 3 aspek meliputi isi, substantif dan struktural. Instrumen tes capaian pembelajaran bahasa indonesia ini terdiri dari 4 elemen, yaitu menyimak, membaca dan memirsa, berbicara dan mempresentasikan serta menulis. Keempat elemen tersebut dikategorikan ke dalam 3 sesi tes, yaitu pilihan ganda untuk elemen menyimak, membaca dan memirsa sebanyak 12 soal, tes lisan untuk elemen berbicara dan mempresentasikan sebanyak 12 soal, serta tes uraian untuk elemen menulis sebanyak 14 soal. Analisis data dilakukan dengan validitas messick dengan analisis butir tes dikotomos dan politomos Rasch model pada R programming version 4.4.2 memberikan hasil : a). elemen menyimak, membaca dan memirsa serta menulis semua soal dikatakan valid dari aspek isi, psikometri dan konstruk semua item fit ( P value > 0,01 dan Outfit MSQ berada pada rentang 0,5-1,5 dan Out fit t -2 sampai 2 ); b) pada elemen menyimak, membaca dan memirsa ada 3 butir soal yang varian. Seharusnya ketiga butir tersebut dikeluarkan dari model. Namun, karena kedua butir tersebut memiliki nilai p value > 0,01 dan hanya ada satu soal dalam satu indikator, maka butir nomor 1, 4 dan 9 tetap diterima dalam model; c) elemen berbicara dan mempresentasikan semua soal dinyatakan valid dengan nilai Aiken’V ≥1.409 , Sehingga dapat disimpulkan bahwa semua soal bisa diterima oleh model.
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pedagogi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 25 Feb 2025 02:39 |
Last Modified: | 25 Feb 2025 02:39 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10145 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |