PENGEMBANGAN MODUL AJAR ALUR MERDEKA BERBASIS OUTDOOR LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI DI SEKOLAH BINAAN (SEKBIN) 1 KECAMATAN JATIBARANG KABUPATEN BREBES

WIHARTI, . (2025) PENGEMBANGAN MODUL AJAR ALUR MERDEKA BERBASIS OUTDOOR LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI DI SEKOLAH BINAAN (SEKBIN) 1 KECAMATAN JATIBARANG KABUPATEN BREBES. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER, BAB I,II,III-WIHARTI-TESIS - wiharti wi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV, V-WIHARTI-TESIS - wiharti wi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN-WIHARTI-TESIS - wiharti wi.docx

Download (4MB)

Abstract

Wiharti. 2025. “Pengembangan Modul Ajar Alur MERDEKA Berbasis Outdoor Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri di Sekolah Binaan (Sekbin) I Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes“. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Suriswo, M.Pd. Pembimbing II Dr. Dewi Apriani Fr, M.M. Kata kunci: Modul Ajar, Alur MERDEKA , Outdoor Learning, Kemampuan Berpikir Kritis Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakaktifan peserta didik dalam pembelajaran, penggunaan media dan metode pembelajaran yang kurang bervariasi, kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul ajar alur MERDEKA berbasis outdoor learning yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan belajar peserta didik kelas V SD dan layak untuk peserta didik kelas V SD yang telah divalidasi oleh ahli materi, bahasa dan desain pembelajaran serta efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan Research & Development (R&D) yang mengadopsi model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) dengan tiga tahap yaitu Anaysis (Analisis), Design (Perancangan),dan Development (Pengembangan). Subjek uji coba lapangan yaitu 38 peserta didik sebagai kelas kontrol dan 39 peserta didik kelas eksperimen. Data yang sudah diperoleh dianalisis menggunakan uji-t independent, uji-t berpasangan serta uji N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) modul ajar alur MERDEKA berbasis outdoor learning sangat layak digunakan dalam pembelajaran dengan persentase penilaian ahli materi sebesar 92,5% dan validasi ahli bahasa 90,3% serta ahli desain pembelajaran diperoleh persentase sebesar 95,5%. 2) Modul ajar alur MERDEKA berbasis outdoor learning efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SD. Hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil nilai signifikansi uji-t independen dan uji-t berpasangan yaitu 0,000 dan 0,000 < 0,05. Hasil uji N-Gain juga menunjukkan peningkatan yang tinggi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kesimpulan penelitian ini adalah modul ajar alur MERDEKA berbasis outdoor learning yang dikembangkan memiliki kualifikasi tingkat kevalidan yang sangat baik dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Diharapkan para guru kelas V SD dapat memanfaatkan modul ajar alur MERDEKA berbasis outdoor learning ini sebagai alternatif modul ajar dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Feb 2025 02:39
Last Modified: 25 Feb 2025 02:39
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10146

Actions (login required)

View Item View Item