Kholifatun Nisa Rakhmi, . (2025) MODEL ASESMEN LITERASI PEDAGOGI GURU di LINGKUNGAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
![]() |
Text
TESIS COVER - BAB 3 - Kholifatun Nisa Rakhmi.pdf Restricted to Repository staff only Download (884kB) |
![]() |
Text
TESIS BAB 4- 5 - Kholifatun Nisa Rakhmi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
TESIS DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN - Kholifatun Nisa Rakhmi.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kholifatun Nisa Rakhmi, 2025. “Model Asesmen Literasi Pedagogi Guru di Lingkungan Sekolah Menengah Pertama”. Tesis, Program Studi Magister Pedagogi, Program Pascasarjana, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing Utama Prof.Dr.Purwo Susongko, M.Pd, Pembimbing Pendamping Dr. Suriswo, M.Pd. Kata Kunci: asesmen, literasi pedagogi,Guru di Lingkungan Sekolah Menengah Pertama Model asesmen literasi pedagogi di lingkungan Sekolah Menengah Pertama bertujuan untuk (1) Untuk menganalis kebutuhan pengawas, kepala sekolah guru, dan orangtua terhadap tes standar model asesmen literasi pedagogi guru di lingkungan Sekolah Menengah Pertama. (2) Untuk mengembangkan konstruksi model asesmen literasi pedagogi guru di lingkungan Sekolah Menengah Pertama. (3) Untuk menganalisis validitas isi dari instrumen model asesmen literasi pedagogi guru di lingkungan Sekolah Menengah Pertama.(4) Untuk membuktikan validitas psikometri dari instrumen model asesmen literasi pedagogi guru di lingkungan Sekolah Menengah Pertama.(5) Untuk membuktikan validitas konstruk dari instrumen model asesmen literasi pedagogi guru di lingkungan Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini merupakan Research and Development dengan desain penelitian menggunakan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah mixed methods yaitu mengkombinasikan atau mengasosiasikan bentuk kualitatif dan kuantitatif. analisis untuk mengembangkan dan menganalis instrumen asesmen literasi pedagogi di lingkungan Sekolah Menengah Pertama dengan permodelan Rasch. Pada penelitian ini dalam mengembangkan dan menganalisis instrumen dengan pendekatan yag terdiri dari isi, substantif, struktural dan konsekuesional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat kebutuhan pengawas sekolah, kepala sekolah, guru dan orangtua peserta didik akan model asesmen literasi pedagogi guru di lingkungan Sekolah Menengah Pertama. (2) Tujuan model pengembangan asesmen literasi pedagogi guru di lingkungan Sekolah Menengah Pertama sebagai alat ukur untuk mengetahui kemampuan literasi pedagogi guru di lingkungan Sekolah Menengah Pertama. (3) Konstruksi model asesmen literasi pedagogi ini dikembangkan dari sepuluh standar kompetensi guru berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Rapublik Indonesia No.16 tahun 2007 yang disajikan dalam bentuk soal pilihan ganda dengan jumlah butir soal 49. (4) Hasil instrumen aspek isi valid. (5) Hasil validasi instrumen aspek psikometri valid. (6) Validitas konstruk model asesmen literasi pedagogi guru di lingkungan Sekolah Menengah Pertama yang di analisis data dengan Racsh model pada R programing version 4.03 dengan paket eRm menunjukkan 88% item soal valid dengan p value < 0.05. Dari hasil validasi yang mencakup isi, psikometri dan konstruk (isi, substantif, struktural,dan eksternal) memenuhi persyaratan sebagai butir soal yang baik
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pedagogi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 25 Feb 2025 03:36 |
Last Modified: | 25 Feb 2025 03:36 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10181 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |