Eti Hartati, . (2025) PENGEMBANGAN MEDIA REFLECTIVE PICTURE BOOK BERBASIS SOSIOKULTURAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN MINAT MEMBACA SISWA KELAS IV SD SE-KECAMATAN KERSANA BREBES. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
![]() |
Text
COVER BAB I II III - Eti hartati.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB IV, V - Eti hartati.pdf Restricted to Repository staff only Download (692kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN PDF - Eti hartati.pdf Download (3MB) |
Abstract
Hartati, eti. 2025.“Pengembangan Media Reflective Picture Book Berbasis Sosiokultural untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Minat Membaca Siswa Kelas IV SD Se-Kecamatan Kersana Brebes.” Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Muntoha Nasucha, M.Pd. Pembimbing II Dr. Tity Kusrina, M.Pd. Kata kunci :. Pengaruh, Reflective Picture Book, Sosiokultural, Sosial, Membaca. Tujuan yang dilakukannya penelitian ini adalah untuk: (1) Mengethui analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap pengembangan media reflective picture storybook (2) Untuk mengetahui desain pengembangan media reflective picture storybook berbasis sosiokultural (3) Mengetahui kelayakan media reflective picture storybook berbasis sosiokultural (4) dan mengetahui efektifitas penggunaan media reflective picture storybook berbasis sosiokultural Sosiokultural untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Minat Membaca Siswa Kelas IV SD Se-Kecamatan Kersana Brebes Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development untuk menghasilkan media reflective picture storybook berbasis sosiokultural untuk meningkatkan keterampilan sosial dan minat membaca siswa kelas IV SD. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE dari Dick and Carry.Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD se Kecamatan Kersana dengan sample ada 6 sekolah yang terbagi menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen.Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan uji normalitas, Uji homogenitas, uji t dan uji kelayakan serta efektifitas media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media reflective picture storybook terhadap keterampilan sosial dan minat membaca siswa kelas IV SD se Kecamatan Kersana Brebes, dalam hal ini media adalah positif memberikan pengaruh yang signifikan. Kesimpulan yang dapat diperoleh bedasarkan penelitian ini adalah Analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap media meliputi analisis kebutuhan siswa, analisia pengguna, analisis sarana dan prasarana. Mengetahui desain pengembangan media terdiri dari pemilihan media,pemilihan format, penyusunan soal dan jawaban serta merancang media aplikasi. Kelayakan media dari tiga validator memperoleh validasi materi sebesar 93%. Sedangakan pada aspek media memperoleh tara-rata sebesar 92%. Efektifitas penggunaan media pembelajaran dibuktikan dengan hasil belajar siswa antara hasil pre test dan post test kelas eksperimen mengalami peningkatan dari 14% menjadi 83%. Ini membuktikan bahwa media berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan sosial dan minat membaca siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pedagogi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 03:59 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 03:59 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10197 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |