RATNA FARIDAH SETYOWATI, . (2025) PERAN INOVASI PRODUK, LITERASI KEUANGAN, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP PENINGKATAN KINERJA BISNIS TOKO ONLINE MELALUI KETANGKASAN STRATEGIS PADA KOMUNITAS EMAK CANTIK Oleh: RATNA FARIDAH SETYOWATI NPM. 7123800033 PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN 2025. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
![]() |
Text
tesis bab 1-3-6-74_merged - ratna rafaya.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
tesis bab 4-5 - ratna rafaya.pdf Restricted to Repository staff only Download (598kB) |
![]() |
Text
tesis daftar pustaka-lampiran - ratna rafaya.pdf Download (2MB) |
Abstract
Media sosial saat ini menjadi sarana pemasaran oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang efektif. Komunitas Emak Cantik berisi pelaku usaha yang memanfaatkan media sosial untuk pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkonfirmasi efektivitas sinergi antara inovasi produk, literasi keuangan, orientasi kewirausahaan, dan orientasi pasar terhadap kinerja bisnis di komunitas emak cantik baik secara langsung maupun tidak langsung melalui ketangkasan strategis. Penelitian menggunakan metode deskriptif dan analisis kuantitatif melalui survei kuesioner terhadap 155 responden anggota komunitas emak cantik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan SEM (Structural Equation Model) menggunakan program LISREL 8.8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi produk, literasi keuangan, orientasi kewirausahaan, dan orientasi pasar memiliki pengaruh positif signifikan terhadap ketangkasan strategis dengan koefisien berkisar 0.30-0.35 dan t-value > 1.96. Sementara pada pengaruh langsung terhadap kinerja bisnis, hanya literasi keuangan yang berpengaruh positif signifikan dengan koefisien 0.46, sedangkan inovasi produk, orientasi kewirausahaan, dan orientasi pasar tidak memiliki pengaruh signifikan. Ketangkasan strategis terbukti memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kinerja bisnis dengan koefisien 0.59 dan t-value 3.83. Variabel inovasi produk, literasi keuangan, orientasi kewirausahaan, dan orientasi pasar memiliki pengaruh tidak langsung yang signifikan terhadap kinerja bisnis melalui ketangkasan strategis dengan nilai t-value masing-masing variabel yang lebih besar dari 1,96 dan pengaruh tidak langsung berkisar antara 0,18-0,21. Kata Kunci: Inovasi Produk, Literasi Keuangan, Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Ketangkasan Strategis, Kinerja Bisnis.
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Manajemen |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 06:36 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 06:36 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10204 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |