PERAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA DAN MENULIS PESERTA DIDIK DI GUGUS SULTAN AGUNG KOORDINATOR DIKBUD WILAYAH KECAMATAN TARUB, KABUPATEN TEGAL

KHALIMATUN ALFIYAH, . (2025) PERAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA DAN MENULIS PESERTA DIDIK DI GUGUS SULTAN AGUNG KOORDINATOR DIKBUD WILAYAH KECAMATAN TARUB, KABUPATEN TEGAL. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER - BAB 3 - Khalimatun Alfiyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4-5 - Khalimatun Alfiyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN - Khalimatun Alfiyah.pdf

Download (6MB)

Abstract

Khalimatun Alfiyah. 2025. “Peran Guru Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Literasi Membaca Dan Menulis Peserta Didik Di Gugus Sultan Agung Koordinator Dikbud Wilayah Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Yoga Prihatin, M.Pd., Pembimbing II Dr. Hanung Sudibyo, M.Pd. Kata Kunci : Literasi Membaca dan Menulis, Minat baca, Peran Guru Sekolah Dasar Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). peran guru pada Gugus Sultan Agung koordinator Dikbud Wilayah Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal. 2). faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatan kemampuan literasi membaca dan menulis peserta didik, 3) peran guru dalam meningkatan kemampuan literasi membaca dan menulis peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, observasi, dokumentasi. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi data dan analisis data dilakukan dengan analisis reduksi data, display data dan verifikasi. Berdasarkan hasil observasi awal diketahui bahwa minat baca peserta didik masih kurang dan berdasarkan hasil wawancara dan observasi diketahui bahwa guru berperan penting dalam meningkatkan literasi membaca dan menulis peserta didik dengan cara mendorong peserta didik untuk membaca dan berinteraksi dengan bahan bacaan. Peran guru di Gugus Sultan Agung Koordinator dikbud Wilayah Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal dilakukan dengan beberapa kebijakan diantaranya adalah Setiap peserta didik membaca buku selama 10–15 menit setiap hari sebelum atau setelah pelajaran dimulai. Setiap kelas memiliki pojok baca dengan koleksi buku yang bervariasi sesuai minat dan kebutuhan peserta didik Implikasi penelitian ini adalah 1) Kepala sekolah dapat merancang dan melaksanakan program literasi yang terintegrasi dalam kurikulum. 2) Kepala sekolah juga dapat mengadakan pelatihan bagi guru mengenai metode pengajaran literasi yang efektif. 3) Guru sebaiknya mendorong peserta didik untuk menulis secara kreatif dengan cara mengadakan kegiatan menulis seperti membuat cerita pendek, puisi, atau jurnal harian dapat meningkatkan kemampuan menulis peserta didik.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 07 Mar 2025 06:37
Last Modified: 07 Mar 2025 06:37
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10229

Actions (login required)

View Item View Item