MODEL ASESMEN KELULUSAN FASE C PADA MATA PELAJARAN IPAS

Suprikhati, . (2025) MODEL ASESMEN KELULUSAN FASE C PADA MATA PELAJARAN IPAS. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER-BAB 3 - suprikhati Khati.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 4 sampai BAB 5 - suprikhati Khati-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA sampai LAMPIRAN-dikompresi - suprikhati Khati-1.pdf

Download (8MB)

Abstract

Suprikhati. 2025. “Model Asesmen Kelulusan Fase C pada Mata Pelajaran IPAS Tesis, Program Studi Magister Pedagogi, Program Pascasarjana, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Prof. Dr. Purwo Susongko, M.Pd., Pembimbing II Dr. Tity Kusrina, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi pada saat ini, belum tersedia instrumen asesmen yang mampu mengukur secara menyeluruh kemampuan IPAS pada akhir fase C. Pembatasan penelitian ini terletak pada fokus pengembangan instrumen asesmen berbasis teori tes modern model Rasch, yang bertujuan untuk menghasilkan instrumen yang valid dan reliabel. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan memvalidasi instrumen asesmen capaian pembelajaran IPAS pada akhir fase C. Asesmen dalam Kurikulum Merdeka berfokus pada pengembangan kompetensi peserta didik secara menyeluruh, termasuk aspek kognitif. Capaian pembelajaran IPAS fase C terdiri dari empat elemen. Penelitian ini juga mengacu pada teori Rasch yang memberikan pendekatan modern dalam evaluasi asesmen, memungkinkan pengukuran yang lebih akurat terhadap kemampuan peserta didik dengan meminimalkan bias dalam hasil penilaian. Penelitian ini merupakan Research and Development dengan desain penelitian menggunakan model prosedur ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi) yang fokus pada ADD. Subjek penelitian terdiri dari 140 peserta didik kelas VI SDN Gununngagung 01, SDN Gunungagung 02, SDN Cempaka 01, SDN Cempaka 02 dan SDN Cempaka 02. Dalam mengembangkan dan menganalisis instrumen menggunakan validitas Messick (1996) yang terdiri dari 4 aspek meliputi isi, substantif, struktural, dan konsekuensial. Instrumen tes kelulusan fase C IPAS ini disajikan dalam bentuk soal pilihan ganda dengan jumlah butir sebanyak 40 soal. Analisis data dengan Rasch model pada R programming version 4.4.2 memberikan hasil soal pilihan ganda memenuhi persyaratan sebagai butir soal yang baik berdasarkan formula Aiken Validity. Rekomendasi untuk penelitian ini meliputi penggunaan instrumen yang dikembangkan sebagai acuan untuk menilai hasil belajar IPAS di akhir fase C sebagai acuan kenaikan peserta didik pada fase di atasnya, tes kelulusan fase C mata pelajaran IPAS pada kurikulum merdeka dapat digunakan sebagai bank soal. Penelitian R&D dengan ADDIE ini hanya sampai tahap Analysis, Desain, Development, sehingga peneliti berharap untuk penelitian berikutnya bisa mengembangkan sampai tahap Implementation dan Evaluation. Kata Kunci: asesmen, capaian pembelajaran IPAS, model rasch.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 07 Mar 2025 06:37
Last Modified: 07 Mar 2025 06:37
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10231

Actions (login required)

View Item View Item