PENGARUH KECERDASAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DILIHAT DARI GAYA BELAJAR ( STUDI KASUS PADA PELAJARAN MATEMATIKA, IPA DAN BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS 8 SMP NEGERI 3 BELIK)

BUDIMAN, . (2025) PENGARUH KECERDASAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DILIHAT DARI GAYA BELAJAR ( STUDI KASUS PADA PELAJARAN MATEMATIKA, IPA DAN BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS 8 SMP NEGERI 3 BELIK). Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
BAB 1 - 3 - Budiman Budiman.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4-5 - Budiman Budiman.docx
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAK-LAMPIRAN - Budiman Budiman.docx

Download (688kB)

Abstract

Budiman. 2025.“Pengaruh Kecerdasan Terhadap Prestasi Belajar Siswa dilihat dari Gaya Belajar ( Studi Kasus pada Pelajaran Matematika, IPA dan Bahasa Inggris pada Siswa Kelas 8 SMP Negeri 3 Belik). ” Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Prof. Dr. Purwo Susongko, M.Pd. Pembimbing II Dr. Rahmad Agung N, M.Si. Kata kunci : Pengaruh, Kecerdasan, Prestasi, Gaya Belajar Tujuan yang dilakukannya penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui pengaruh kecerdasan terhadap prestasi belajar Matematika berdasarkan gaya belajar (2) Mengetahui pengaruh kecerdasan terhadap prestasi belajar IPA berdasarkan gaya belajar. (3) Mengetahui pengaruh kecerdasan terhadap prestasi belajar Bahasa Inggris berdasarkan gaya belajar (4) Mengetahui perbandingan pengaruh gaya belajar pada prestasi belajar Matematika, IPA dan Bahasa Inggris pada Siswa Kelas 8 SMP Negeri 3 Belik Dalam penelitian ini termasuk kategori penelitian kuantitatif yaitu penelitian yang bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan pada suatu sampel atau populasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu jumlah seluruh siswa kelas 8 yang ada di SMP Negeri 3 Belik.Variabel independen dalam penelitian ini kecerdasan dan gaya Belajar sedangkan variabel dependen adalah prestasi belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket,dan dokumentasi. Uji yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, uji f dan uji regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan terhadap prestasi belajar Matematika, IPA dan Bahasa Inggris jika dilihat dari gaya belajar visual dan auditori, sedangkan pada gaya belajar kinestetik koefisien determinasi (R2) dihasilkan presentase yang sangat kecil. yang dapat diartikan bahwa kecerdasan tidak berpengaruh pada prestasi jika berdasarkan gaya belajar kinestetik. Kesimpulan yang dapat diperoleh bedasarkan penelitian ini adalah 2. Analisis menunjukkan bahwa gaya belajar memoderasi hubungan antara kecerdasan dan prestasi belajar. Gaya belajar visual memberikan kontribusi yang lebih besar dibandingkan gaya auditori dan kinestetik. Untuk gaya auditori, kecerdasan berkontribusi sebesar 7,40% pada prestasi Matematika, 4,10% pada IPA, dan 4,30% pada Bahasa Inggris. Sedangkan pada gaya kinestetik, pengaruh kecerdasan terhadap prestasi belajar relatif kecil, yaitu 0,70% untuk Matematika, 0,50% untuk IPA, dan 0,30% untuk Bahasa Inggris. Hasil analisis menunjukkan bahwa gaya belajar memoderasi hubungan antara kecerdasan dan prestasi belajar. Hal ini menegaskan pentingnya kesesuaian metode pembelajaran dengan gaya belajar siswa untuk meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 07 Mar 2025 06:38
Last Modified: 07 Mar 2025 06:38
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10243

Actions (login required)

View Item View Item