Uswatun Khasanah, . (2025) PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS PROJEK DENGAN MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENGUATKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI DI KOTA TEGAL. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
![]() |
Text
Cover s.d. BAB 3 - Uswatun Khasanah.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 4 s.d. BAB 5 (1) - Uswatun Khasanah.pdf Restricted to Repository staff only Download (670kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA s.d. LAMPIRAN - Uswatun Khasanah.pdf Download (7MB) |
Abstract
Uswatun Khasanah. Pengembangan Modul Ajar Berbasis Projek Dengan Media Pop Up Book Untuk Menguatkan Profil Pelajar Pancasila Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Di Kota Tegal. Kata Kunci: Model pembelajaran, pembelajaran berbasis project, profil pelajar pancasila, pelajaran PKn. Berdasarkan observasi pembelajaran yang selama ini dilakukan di kelas masih bertitik tumpu pada guru dan sebagian besar dilakukan dengan cara konvensional. Hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman guru tentang model pembelajaran terutama model pembelajaran berbasis projek. Hal ini berakibat pada pemahaman materi yang tidak maksimal oleh peserta didik. Untuk mengatasi permasalahan di atas maka tentunya diperlukan variasi model pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). kebutuhan model pembelajaran berbasis projek . 2). desain model pembelajaran berbasis projek 3) pengembangan model pembelajaran berbasis projek 4) tantangan dalam mengimplementasikan model pembelajaran berbasis projek 5) penerapan model Pembelajaran Berbasis Projek dapat menguatkan Profil Pelajar Pancasila terutama dalam dimensi gotong royong dan kreatif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Prosedur penelitian pengembangan yang akan peneliti lakukan secara garis besar adalah Tahap Analisis (Analysis) Kebutuhan, Tahap Perencanaan (Dessign), Tahap Pengembangan (Development). Teknik Pengumpulan menggunakan Wawancara, Dokumentasi, Kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik Analisis Validasi Produk, Analisis Kepraktisan Produk. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen rata-rata Profil Pelajar Pancasila Pada Mata Pelajaran PKn di Sekolah Dasar Di Kota Tegal pada saat pre test adalah 68,09. Kemudian dilakukan pembelajaran PKn unit pembelajaran 2 Norma Dalam Kehidupanku Kegiatan pembelajaran 3 Macam-macam Norma Dalam Kehidupanku dengan metode modul pembelajaran berbasis projek kemudian dilakukan post test dengan hasil rata-rata 86,09. Nilai probabilitas signifikansi yang diperoleh dari uji Wilcoxon Signed Rank Test sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 dengan demikian dapat diartikan terdapat terdapat terdapat perbedaan Profil Pelajar Pancasila Pada Mata Pelajaran PKn di Sekolah Dasar Di Kota Tegal sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran Berbasis Projek pada mata Pelajaran Pkn di sekolah dasar kelas V.
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pedagogi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 13 Mar 2025 02:15 |
Last Modified: | 13 Mar 2025 02:15 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10260 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |