BUDI ALIF MASHARUDIN, . (2025) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI KELOMPOK BERMAIN (KB) DABIN CAHAYA KECAMATAN BOJONG KABUPATEN TEGAL. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
![]() |
Text
BUDI Tesis_Cover-BAB I_III - Budi AM.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BUDI Tesis_BAB IV-V - Budi AM.pdf Restricted to Repository staff only Download (770kB) |
![]() |
Text
BUDI Tesis_Daftar Pustaka_Lampiran - Budi AM.pdf Download (5MB) |
Abstract
Masharudin, Budi Alif. 2025. ”Implementasi Pendidikan Multikultural melalui Pembelajaran Berdiferensiasi pada Tema Cinta Tanah Airku di Kelompok Bermain (KB) Dabin Cahaya Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Yoga Prihatin, M. Pd., Pembimbing II Dr. Maufur, M.Pd. Kata Kunci: Pendidikan Multikultural, Pembelajaran Berdiferensiasi, Kelompok Bermain. Pendidikan multikultural di usia dini memiliki peran yang sangat penting, karena masa anak-anak adalah periode perkembangan yang krusial dalam pembentukan nilai-nilai sosial, pemahaman terhadap keberagaman, serta sikap inklusif, sehingga perlu mengimplementasikan Pendidikan Multikultural melalui Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pendidikan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan multikultural melalui pembelajaran berdiferensiasi di Kelompok Bermain (KB) Dabin Cahaya, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal, khususnya pada tema "Cinta Tanah Airku", yaitu untuk mengetahui pemahaman guru dan pengelola tentang pendidikan multikultural dan pembelajaran berdiferensiasi, faktor-faktor yang mendukung dan menghambat implementasi pembelajaran berdiferensiasi, serta dampaknya terhadap prestasi belajar peserta didik dalam konteks pendidikan multikultural. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari 10 kepala sekolah dan 10 guru di KB Dabin Cahaya, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal. Teknik analisis data menggunakan model interaktif melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang dibantu dengan Nvivo versi 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan pengelola memiliki pemahaman yang baik tentang konsep pendidikan multikultural dan pembelajaran berdiferensiasi, dan menyadari pentingnya penerapan kedua konsep tersebut dalam menanamkan nilai cinta tanah air pada anak. Namun, terdapat faktor yang mendukung serta menghambat implementasi pembelajaran berdiferensiasi, antara lain yang termasuk faktor pendukung yaitu sumber daya alam yang melimpah, dukungan orang tua, lingkungan belajar yang kondusif dan antusias peserta didik. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat adalah minimnya pelatihan bagi pendidik, keterbatasan waktu, dan biaya yang tinggi. Dan penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam konteks pendidikan multikultural memberikan dampak yang positif terhadap prestasi belajar peserta didik. Beberapa hasil penting dari penelitian ini meliputi penghormatan terhadap perbedaan individu, peningkatan motivasi belajar, peningkatan rasa percaya diri, dan pemahaman terhadap karakteristik antar peserta didik. i
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pedagogi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 13 Mar 2025 02:15 |
Last Modified: | 13 Mar 2025 02:15 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10275 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |