PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester Ganjil MTs Negeri Kota Tegal Tahun Ajaran 2024/2025 Materi Segitiga dan Segiempat)

MUNAWAROH, INDAH (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester Ganjil MTs Negeri Kota Tegal Tahun Ajaran 2024/2025 Materi Segitiga dan Segiempat). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Skripsi Cover-BAB 3 Indah Munawaroh - indah munawaroh.docx

Download (375kB)
[img] Text
Skripsi BAB 4-5 Indah Munawaroh - indah munawaroh.docx
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] Text
Skripsi Daftar Pustaka-Lampiran Indah Munawaroh - indah munawaroh.docx

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK MUNAWAROH, INDAH. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share berbantuan alat peraga terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester Ganjil MTs Negeri Kota Tegal Tahun Ajaran 2024/2025 Materi Segitiga dan Segiempat. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dra. Eleonora Dwi W., M.Pd Pembimbing II : M. Shaefur Rokhman., M.Si Kata Kunci : Model Pembelajaran Think Pair Share, alat peraga, motivasi, hasil belajar Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan alat peraga terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada Peserta Didik Kelas VII Semester Ganjil MTs Negeri Kota Tegal Tahun Ajaran 2024/2025 Materi Segitiga dan Segiempat. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Subjek penelitian ini adalah Peserta Didik Kelas VII Semester Ganjil MTs Negeri Kota Tegal sebanyak 94 peserta didik yang terbagi dalam 3 kelas. Pengambilan sampel pada penelitian ini secara Cluster random sampling. Adapun data diambil dengan teknik angket, tes, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji validitas dicari melalui uji korelasi product moment dan reliabilitas dicari melalui uji Alpha Cronbach. Adapun analisis data pada penelitian ini menggunakan uji MANOVA dengan bantuan aplikasi IBM SPSS 26.0 for windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan alat peraga berpengaruh signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada peserta didik kelas VII MTs Negeri Kota Tegal tahun ajaran 2024/2025 materi segitiga dan segiempat. ABSTRACT MUNAWAROH, INDAH. 2024. The Influence of the Think Pair Share Learning Model with Teaching Aids on students’ Motivation and Learning Outcomes (A Research Study on Seventh Grade Student of MTs Negeri Kota Tegal in the Odd Semester of the 2024/2025 Academic Year, Focusing on Triangles and Quadrilaterals). Research Project. Mathematics Education. Faculty of Teacher Training and Education. Pancasakti University Tegal. First Advisor : Dra. Eleonora Dwi W., M.Pd Second Advisor : M. Shaefur Rokhman., M.Si Key word : Think Pair Share Learning Model, Teaching Aids, Motivation, Learning Outcomes. This research aims to determine the effect of using the Think Pair Share Learning model assisted by teaching aids on students' motivation and learning outcomes in Class VII Odd Semester MTs Negeri Kota Tegal for the 2024/2025 Academic Year on the subject of Triangles and Quadrilaterals. The research approach is a quantitative approach with an experimental method. The subjects of this study were 94 students in Class VII Odd Semester MTs Negeri Kota Tegal divided into 3 classes. The sampling in this study was done by Cluster random sampling. Data were collected using questionnaires, tests, observations, and documentation techniques. Validity was tested through the product-moment correlation test and reliability was tested through the Alpha Cronbach test. Data analysis in this study used the MANOVA test with the help of IBM SPSS 26.0 for Windows software. The results of this study indicate that the application of the Think Pair Share learning model assisted by teaching aids has a significant effect on students' motivation and learning outcomes in Class VII MTs Negeri Kota Tegal for the 2024/2025 academic year on the subject of Triangles and Quadrilaterals.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Handri . .
Date Deposited: 11 Apr 2025 07:25
Last Modified: 11 Apr 2025 07:25
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10407

Actions (login required)

View Item View Item