PENGARUH POLA ASUH GRANDPARENTING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP SIKAP BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 1 KETANGGUNGAN TAHUN AJARAN 2023/2024

ADHIGANA, SURYO AQSHAL (2025) PENGARUH POLA ASUH GRANDPARENTING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP SIKAP BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 1 KETANGGUNGAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI COVER-BAB3 - Suryo Aqshal Adhigana.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI BAB 4-5 - Suryo Aqshal Adhigana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI daftar pustaka-lampiran - Suryo Aqshal Adhigana.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Adhigana, Suryo Aqshal 2024. Pengaruh Pola Asuh Grandparenting dan Kemandirian Belajar Terhadap Sikap Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Ketanggungan 20203/2024. Skripsi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Suriswo, M.Pd Pembimbing II : Renie Tri Herdiani, M.Pd Kata Kunci : Grandparenting, Kemandirian Belajar, Sikap Belajar Orang tua memiliki peran penting dalam pola asuh anak, namun tidak semua dapat memenuhinya, sehingga peran tersebut sering digantikan oleh kakek nenek. Pola pengasuhan ini disebut grandparenting, yang dapat menumbuhkan kemandirian pada cucu dan mempengaruhi Sikap Belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pola asuh kakek-nenek pada peserta didik, 2) Mengetahui kemandirian belajar peserta didik yang diasuh kakek-nenek, 3) Mengetahui Sikap Belajar peserta didik yang diasuh kakek-nenek, 4) Menilai pengaruh pola asuh kakek-nenek dan kemandirian belajar hasil terhadap belajar peserta didik kelas XI SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif,penelitian ini menggunakan metode expost facto, dan desain penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah 350 peserta didik kelas XI,dan sampelnya 35 peserta didik dengan teknik purposive sampling. Peneliti menggunakan aplikasi SPSS untuk menunjang pengolahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan uji validitas dan reabilitas untuk menguji kualitas data dalam penelitiannya, uji validitas nilai r hitung > r tabel (0,423) dinyatakan valid dan uji reabilitas bernilai 0,721 > 0,600 dapat dinyatakan reliabel dengan kategori tinggi. Hasil penelitian ini berdasarkan hasil hitungan SPSS, peneliti menyimpulkan bahwa 1) Peserta Didik di SMAN 1 Ketanggungan menggunakan pola asuh demokratis dengan hasil kategori sedang ada 11 Peserta Didik dan kategori tinggi ada 24 Peserta Didik 2) tingkatan kemandirian belajar pada peserta didik yang dihasilkan oleh pola asuh grandparenting untuk tingkatan sedang ada 14 responden dengan nilai 40.0%. dan untuk tingkatan tinggi ada 21 responden dengan nilai 60.0%. 3). Untuk Sikap Belajar pada peserta didik, peneliti menyatakan bahwa untuk kategori sedang ada 12 responden dengan nilai 34.3% dan untuk kategori tinggi 23 responden dengan nilai sebesar 65,75. 4). Adanya pengaruh antara pola asuh grandparenting dan kemandirian belajar terhadap Sikap Belajar peserta didik yang memiliki nilai sebesar 64.2% kategori sedang. Saran dalam penelitian ini guru dan kakek – nenek yang menggantikan peran orang tuanya harus memperhatikan perkembangan anak tersebut agar bisa berkembang lebih baik lagi. ABSTRACT Adhigana, Suryo Aqshal. 2024. The Influence of Grandparenting Caregiving and Learning Independence on the Learning Outcomes of 11th Grade Students at SMAN 1 Ketanggungan 2023/2024. Thesis in Guidance and Counseling. Faculty of Teacher Training and Education. Pancasakti University Tegal. Supervisor I : Dr. Suriswo, M.Pd Supervisor II : Renie Tri Herdiani, M.Pd Keywords: Grandparenting, Learning Independence, Learning Outcomes Parents have an important role in child-rearing, but not all can fulfill it, so this role is often replaced by grandparents. This parenting pattern is called grandparenting, which can foster independence in grandchildren and affect their academic achievement. This study aims to: 1) Determine the parenting style of grandparents in students, 2) Determine the learning independence of students raised by grandparents, 3) Determine the academic achievement of students raised by grandparents, 4) Assess the influence of grandparenting style and learning independence on the academic achievement of 11th-grade high school students. This research employs a quantitative approach, using an ex post facto method, and a quantitative descriptive analysis design. The data collection techniques used in this research are observation and questionnaires. The population in this research consists of 350 eleventh-grade students, and the sample is 35 students selected using purposive sampling. The researcher uses SPSS to support the processing of the obtained data. The researcher uses validity and reliability tests to examine the quality of the data in the study. The validity test shows that the calculated r-value is greater than the table r-value (0,423), indicating that it is valid. The reliability test has a value of 0,721 greater than 0.600, indicating that it is reliable The research findings, based on SPSS calculations, are as follows: 1).At SMAN 1 Ketanggungan, students are mostly raised with a democratic parenting style, with 11 students (31.4%) in the medium category and 24 students (68.6%) in the high category. 2). The level of learning independence among students influenced by grandparenting style is at a medium level for 14 respondents (40.0%) and a high level for 21 respondents (60.0%). 3).Regarding student learning outcomes, 12 respondents (34.3%) fell into the medium category, while 23 respondents (65.75%) were in the high category. 4).There is an influence of grandparenting style and learning independence on student learning outcomes, with a moderate category score of 64.2%. The study suggests that teachers and grandparents acting in place of parents should pay attention to the development of these children to promote better growth.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Handri . .
Date Deposited: 14 Apr 2025 07:22
Last Modified: 14 Apr 2025 07:22
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10434

Actions (login required)

View Item View Item