EFEKTIVITAS COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) MENGGUNAKAN MEDIA MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN EKONOMI SMA NEGERI 1 PANGKAH

SALSABILLA, AZAHRA LAURA (2025) EFEKTIVITAS COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) MENGGUNAKAN MEDIA MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN EKONOMI SMA NEGERI 1 PANGKAH. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI AZAHRA LAURA SALSABILLA (Cover - Bab 3) - Azahra Laura.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI AZAHRA LAURA SALSABILLA (Bab 4 - Bab 5) - Azahra Laura.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI AZAHRA LAURA SALSABILLA (Daftar Pustaka - Lampiran) - Azahra Laura.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Salsabilla, Azahra L. 2024. Efektivitas Cooperative Learning Tipe STAD Menggunakan Media Monopoli Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 1 Pangkah. Pembimbing I : Dr. Dewi Amaliah N, S.Pd., M.Si Pembimbing II : Tomi Azami, M.Pd Kata Kunci : Cooperative Learning Tipe STAD, Media Monopoli, Hasil Belajar Perkembangan suatu bangsa erat kaitannya dengan dunia pendidikan. Maju mundurnya suatu bangsa dipengaruhi oleh kreativitas pendidikan bangsa. Keberhasilan proses belajar dapat mempertimbangkan penggunaan model dan metode pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang efektif adalah menggunakan monopoli. Media belajar Monopoli merupakan media pembelajaran yang inovatif. Media Monopoli adalah media pembelajaran yang menggunakan alat atau media monopoli yang dikembangkan sesuai kebutuhan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa aktif kelas XI SMA Negeri 1 Pangkah. Pengambilan sampel menggunakan rumus Issac Michael dengan teknik pengambilan sampel Cluster random sampling. Hasil penelitian menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima hal ini dapat dilihat dari model cooperative learning tipe STAD menggunakan media monopoli efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada saat pembelajaran Ekonomi dibuktikan dengan nilai sig (2-tailed) signifikan 0,001 < 0,05 dan terdapat perbedaan siswa XI.5 kelas eksperimen dengan XI.6 kelas kontrol pada saat pembelajaran Ekonomi dibuktikan dengan nilai sig (2-tailed) signifikan 0,001 < 0,05. Maka, cooperative learning tipe STAD dengan monopoli efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI mata pelajaran Ekonomi SMA Negeri 1 Pangkah. ABSTRACT Salsabilla, Azahra L. 2024. Effectiveness of STAD Type Cooperative Learning Using Monopoly Media to Improve Learning Outcomes of Grade XI Students in Economics Subject of SMA Negeri 1 Pangkah. Supervisor I: Dr. Dewi Amaliah N, S.Pd., M.Si Supervisor II: Tomi Azami, M.Pd Keywords: STAD Type Cooperative Learning, Monopoly Media, Learning Outcomes The development of the nation's culture is closely related to the world of education. The progress of the nation's culture is influenced by the creativity of national education. The success of the learning process can consider the use of effective learning models and methods in learning. One of the effective learning media is using monopoly. Learning Monopoly is an innovative learning medium. Media Monopoli is a learning media that uses tools or monopoly media that is developed according to learning needs. This study uses a quantitative approach with an experimental research method. The population in this study were active students of class XI SMA Negeri 1 Pangkah. Sampling using the Issac Michael formula with Cluster random sampling technique. The results of the study stated that H0 was rejected and Ha was accepted, the STAD type cooperative learning model using monopoly media is effective in improving student learning outcomes when learning economics as evidenced by a significant sig (2-tailed) value of 0.001 < 0.05 and there is a difference between XI.5 experimental class students and XI.6 control class students during learning economics is proven by a significant sig (2-tailed) value of 0.001 < 0.05.So, STAD type cooperative learning with monopoly is effective in improving the learning outcomes of class XI students in economics subjects at SMA Negeri 1 Pangkah.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Handri . .
Date Deposited: 14 Apr 2025 07:46
Last Modified: 14 Apr 2025 07:46
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10436

Actions (login required)

View Item View Item