UPAYA MENGATASI PERILAKU TEMPER TANTRUM MELALUI LAYANAN KONSELING BEHAVIORAL DI SD NEGERI KARANGANYAR 01 KABUPATEN TEGAL PADA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Azhari, Alfi Nurul (2025) UPAYA MENGATASI PERILAKU TEMPER TANTRUM MELALUI LAYANAN KONSELING BEHAVIORAL DI SD NEGERI KARANGANYAR 01 KABUPATEN TEGAL PADA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
cover- bab 3 Alfi Nurul Azhari- 1120600007-bk - alfi nuru.docx

Download (1MB)
[img] Text
bab IV dan bab V- Alfi Nurul Azhari- 1120600007 - alfi nuru.docx
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] Text
daftar pustaka -lampiran -Alfi Nurul Azhari-1120600007 - alfi nuru.docx

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK ALFI, NURUL AZHARI. 2024. Upaya Mengatasi Perilaku Tantrum Melalui Layanan Konseling Behavioral DI SD N Karanganyar 01 Kabupaten Tegal. Skripsi Bimbingan Konseling. Falkutas Keguruan dan limu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I = Prof. Dr. Hj Sitti Hartinah, DS.MM Pembimbing II = M. Aries Rofiqi M.Si Kata kunci: Temper Tantrum, Konseling, Konseling Behavioral Mengatasi tantrum oleh anak tentunya akan butuh banyak tindakan menahan diri atau sabar dari orang tua, kedewasaan dan kestabilan emosi orang tidak mempunyai pengaruh yang besar, selain sebagai bekal untuk menghadapi perilaku anak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui yaitu 1). Bentuk perilaku tantrum, 2). Upaya yang dilakukan mengatasi perilaku tantrum, 3). Menangani anak temper tantrum, 4). Pendekatan konseling untuk mencegah perilaku tantrum. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan trianguliasi, pengumpulan data, reduksi data, pengkajian data, penarikan data. Penelitian ini memiliki 5 responden yang berperilaku tantrum primer dan 6 responden sekunder antara lain wali kelas, kerabat atau orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Perilaku temper tantrum yang dilakukan siswa antara lain melukai diri sendiri, menangis, berguling, berteriak, ketakutan sampai ke mogok belajar. 2). Konseling behavioral dalam mengatasi anak temper tantrum dengan upaya dengan cara para orang tua yaitu mengagumi kemampuan anak, bertindak adil pada anak dan temannya, dan pada saat pelajaran dimulai.3). Konseling behavioral memberikan beberapa perubahan pada sebagian siswa yang mengalami temper tantrum menjadi menyadari akan hal yang dilakukannya itu salah. 4). upaya dengan cara para orang tua yaitu mengagumi kemampuan anak, memohon agar teman-teman anaknya agar tidak berbuat jahil pada anaknya dan mengajak bicara ketika melakukan pekerjaan,bertindak adil pada anak dan temannya, pada saat pelajaran dimulai.Saran dalam penelitian ini agar para orang tua memberikan lingkungan yang mendukung secara emosional mengenai perkembangan emosional yang baik dan dapat memberikan contoh yang baik agar meminimalisir perilaku yang tidak diinginkan dalam perkembangan siswa dimulai dari orang tua karena lingkungan berperan aktif dalam hal kembang tumbuh emosional siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Handri . .
Date Deposited: 15 Apr 2025 03:52
Last Modified: 15 Apr 2025 03:52
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10480

Actions (login required)

View Item View Item