AKHMAS, M. WILDAN ANNAUAS (2025) LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTs BAHRUL ULUM PEMALANG. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
![]() |
Text
Skripsi Cover - Bab 3 M Wildan Annauas Akhmas.docx Download (712kB) |
![]() |
Text
Bab 4 - Bab 5 M Wildan Annauas Akhmas.docx Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
![]() |
Text
Dapus - Lampiran - M Wildan Annauas Akhmas.docx Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK AKHMAS, M WILDAN ANNAUAS 2025.“Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di MTs Bahrul Ulum Pemalang” Prodi Bimbingan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Mulyani, M.Pd. Pembimbing II : Dr. Suriswo, M.Pd. Kata Kunci: bimbingan kelompok, motivasi belajar, teknik diskusi, strategi pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui layanan bimbingan kelompok, mengetehaui motivasi belajara siswa setelah melakukan bimbingan kelompok, dan mengetahui pengeruh teknik diskusi dapat meningkatkan motivasi belajar. Pengenalan tentang layanan bimbingan kelompok, pemahaman kondisi diri, serta strategi pembelajaran yang baik, efektif, dan efisien menjadi fokus utama dalam penelitian ini. Dengan adanya layanan bimbingan ini, diharapkan siswa mampu memahami pentingnya motivasi belajar dan mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih optimal.Sebelum pelaksanaan layanan, dilakukan pengukuran awal menggunakan angket pretest terhadap delapan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Dalam setiap sesi, ketua kelompok memandu diskusi dengan menerapkan berbagai teknik, seperti berdebat, menyajikan gagasan, dan menanggapi gagasan. Proses ini bertujuan untuk melatih siswa dalam berpikir kritis, menyampaikan pendapat, serta meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam belajar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mulai memahami pentingnya motivasi belajar dan cara meningkatkan gaya belajarnya. Setelah layanan selesai, dilakukan pengukuran akhir melalui posttest. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen, dengan rata-rata skor pretest sebesar 833 yang meningkat menjadi 1213 pada posttest. Sebaliknya, kelas kontrol hanya mengalami sedikit peningkatan dari 1026 menjadi 1065. Temuan ini membuktikan bahwa penerapan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Bahrul Ulum Pemalang. Oleh karena itu, layanan bimbingan kelompok dapat menjadi salah satu strategi yang diterapkan oleh pendidik untuk membantu siswa dalam meningkatkan motivasi dan efektivitas belajar mereka.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Handri . . |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 04:21 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 04:21 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10483 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |