PRESUPOSISI DALAM WACANA IKLAN TELEPON GENGGAM DI APLIKASI SHOPEE PADA BULAN FEBRUARI 2022 DAN IMPLIKASI PEMBELAJARAN DI SMA

DIMAS MAWARDI, . (2023) PRESUPOSISI DALAM WACANA IKLAN TELEPON GENGGAM DI APLIKASI SHOPEE PADA BULAN FEBRUARI 2022 DAN IMPLIKASI PEMBELAJARAN DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
BAB I - III - Dimas Mawardi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV - V - Dimas Mawardi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - Lampiran - Dimas Mawardi.docx

Download (2MB)

Abstract

Mawardi, Dimas, 2022. Berjudul Presuposisi dalam Wacana Iklan Telepon Genggam di Aplikasi Shopee pada Bulan Februari 2022 dan Implikasi Pembelajaran di SMA, Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Syamsul Anwar, M.Pd. Pembimbing II Afsun Aulia Nirmala, M.Pd. Kata Kunci : Presuposisi dalam Wacana Iklan Telepon Genggam di Aplikasi Shopee pada Bulan Februari 2022 dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan jenis presuposisi pada wacana iklan telepon genggam di aplikasi jual beli Shopee dan Mendeskripsikan implikasi presuposisi dalam wacana iklan di aplikasi jual beli Shopee terhadap pembelajaran di SMA. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif, dengan data yang diambil dari wacana iklan telepon genggam di aplikasi Shopee hingga tanggal 28 Februari 2022 sebanyak 48 data yang mengandung presuposisi. Dalam penelitian ini, penulis menyajikan data dalam wujud teks verbal yang berupa kata, frase, dan kalimat dalam wacana iklan, pada penelitian ini penulis mengumpulkan data menggunakan teknik menyimak dan membaca. Analisis dalam penelitian ini menggunakan metode Agih. Teknik penyajian hasil analisis data disajikan dengan menggunakan metode informal yang berupa kalimat ataupun kata untuk menafsirkannya. Hasil penelitian wacana iklan telepon genggam di aplikasi Shopee yang beredar sejak tanggal 1-29 Februari 2022 memuat lima dari enam jenis presuposisi, yaitu presuposisi eksistensial, presuposisi faktual, presuposisi leksikal, presuposisi non-faktif, dan presuposisi struktural. Diantara kelima jenis presuposisi tersebut yaitu presuposisi eksistensial dengan 20 data, presuposisi faktual dengan 6 data, presuposisi leksikal dengan 6 data, presuposisi non-faktif dengan 4 data, serta presuposisi struktural dengan 12 data serta temuan hasil penelitian ini memiliki implikasi yang baik bagi pembelajaran yaitu dapat membantu guru untuk membimbing siswa dalam memilih bahasa dalam penyusunan atau memproduksi teks iklan yang tertuang dalam silabus bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan bagi guru bahasa Indonesia dalam merumuskan materi pembelajaran yang berkaitan dengan presuposisi dalam wacana iklan serta dapat mempermudah siswa dalam memahami makna bahasa dalam iklan baik itu secara langsung atau tidak langsung (tersirat) serta siswa dapat membuat asumsi awal ketika membaca atau mendengar suatu wacana iklan.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 10 Mar 2023 02:12
Last Modified: 10 Mar 2023 02:12
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/6472

Actions (login required)

View Item View Item