Analisis Usaha Pemasaran Ikan Hias Koi (Cyprinus carpio) Pada Nusantara Niskhikigoi Goldfish Centre (NNGC) – Satker Balai Besar Pengujian Penerapan Produk Kelautan dan Perikanan (BBP3KP) Cibinong, Jawa Barat.

ARINTA ANJASMARA, . (2023) Analisis Usaha Pemasaran Ikan Hias Koi (Cyprinus carpio) Pada Nusantara Niskhikigoi Goldfish Centre (NNGC) – Satker Balai Besar Pengujian Penerapan Produk Kelautan dan Perikanan (BBP3KP) Cibinong, Jawa Barat. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER - BAB III - Arinta Anjasmara.docx
Restricted to Repository staff only

Download (995kB)
[img] Text
BAB 4 - BAB 5 - Arinta Anjasmara.docx
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN - Arinta Anjasmara.docx

Download (914kB)

Abstract

ARINTA ANJASMARA. NPM. 3219500014. Analisis Usaha Pemasaran Ikan Hias Koi (Cyprinus carpio) Pada Nusantara Niskhikigoi Goldfish Centre (NNGC) – Satker Balai Besar Pengujian Penerapan Produk Kelautan Dan Perikanan (BBP3KP) Cibinong, Jawa Barat. Pembimbing: NURJANAH dan SUTAMAN. Ikan koi (Cyprinus carpio) termasuk jenis ikan hias air tawar bernilai ekonomis tinggi, baik di pasaran nasional maupun internasional sehingga banyak para penggemar ikan di Indonesia yang tertarik untuk memelihara ikan ini. Melihat prospek pasar yang cukup tinggi dan menjanjikan, maka usaha ikan koi tampaknya akan mendapatkan keuntungan yang cukup tinggi. Harga ikan koi relatif mahal karena dipengaruhi oleh warna, ukuran dan coraknya yang menarik. Pemasaran ikan koi bisa melalui media sosial ataupun secara langsung mendatangi toko ikan koi. Untuk analisis usahanya bisa dilihat dari biaya investasi, biaya produksi, penerimaan, BEP (Break Event Point), B/C Ratio, R/C Ratio, Payback Period. Biaya investasi di NNGC sebesar Rp.526.990.000. Total biaya produksi ketiga kolam koi dalam satu tahun produksi ialah sebesar kolam C Rp. 294.628.000, kolam D Rp. 292.801.000 dan Rp. kolam E 293.126.000 dalam satu tahun produksi. Untuk biaya penerimaan ketiga kolam koi dalam satu tahun adalah sebesar Rp 1.612.500.000. BEP volume ketiga kolam tersebut ialah kolam C 655 ekor, kolam D 390 ekor dan kolam E 245 ekor dalam satu tahun. . BEP harga ketiga kolam koi adalah kolam C sebesar Rp 1.473.140, kolam D Rp 1.952.006 dan kolam E sebesar Rp 2.931.260. Nilai R/C ratio ketiga kolam koi adalah kolam C 1,5 , kolam D 1,9 dan kolam E 2. Nilai B/C rasio ketiga kolam koi adalah kolam C 0,5 , kolam D 0,9 dan kolam E 1. Payback Period (PP) ketiga kolam adalah selama kolam C 3,4 tahun, kolam D 1,9 tahun dan kolam E 1,7 tahun. KATA KUNCI : Ikan koi, Cyprinus carpio, Analisis Usaha Pemasaran.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Budidaya Perairan
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Mar 2023 01:49
Last Modified: 13 Mar 2023 01:49
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/6517

Actions (login required)

View Item View Item