ANALISIS PERWATAKAN TOKOH UTAMA PADA FILM STORY OF KALE: WHEN SOMEONE’S IN LOVE KARYA M.IRFAN RAMLI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

SELVIA JUMAROH, . (2024) ANALISIS PERWATAKAN TOKOH UTAMA PADA FILM STORY OF KALE: WHEN SOMEONE’S IN LOVE KARYA M.IRFAN RAMLI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI COVER, BAB 1-3_Selvia - Selvia Jumaroh.docx

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI BAB 4-5_Selvia - Selvia Jumaroh.docx
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN_Selvia - Selvia Jumaroh.docx

Download (7MB)

Abstract

JUMAROH, SELVIA. 2024. Analisis Perwatakan Tokoh Utama pada Film Story Of Kale: When Someone's in Love Karya M.Irfan Ramli dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Agus Riyanto, M.Pd. Pembimbing II : Afsun Aulia Nirmala, M.Pd. Kata Kunci : Perwatakan tokoh utama, metode langsung dan tidak langsung, implikasi. Penelitian ini mengkaji tentang perwatakan tokoh utama pada film Story of Kale: When Someone’s in Love Karya M.Irfan Ramli dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perwatakan tokoh utama dalam film Story of Kale: When Someone’s in Love karya M. Irfan Ramli dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah film Story of Kale: When Someone’s in Love. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik simak dan catat. Data dianalisis menggunakan teori dari Albertine Minderop (2005) yaitu metode langsung (telling) dan metode tidak langsung (showing). Penyajian hasil analisis data, data dipaparkan dalam bentuk potongan Scene atau gambar yang diambil dari film serta dalam bentuk informal menggunakan deskripsi yang berupa penggalan teks dalam dialog. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tujuh belas data perwatakan dari keseluruhan tokoh Kale dan Dinda. Berdasarkan analisis metode langsung, Kale memiliki watak ramah dan percaya diri. Metode tidak langsung, Kale memiliki watak percaya diri, peduli, rela berkorban, dan posesif. Sementara itu, Dinda dalam analisis metode langsung memiliki watak mandiri dan tenang. Sedangkan analisis metode tidak langsung, Dinda memiliki watak tenang, jujur, optimis, dan ketidaksetiaan. Penelitian ini dapat diimplikasikan ke dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA kelas XI, pada capaian pembelajaran (CP) Kurikulum Merdeka: peserta didik menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh serta elemen intrinsik lain seperti latar cerita, kejadian- kejadian dalam pementasan drama.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 08 Oct 2024 03:08
Last Modified: 08 Oct 2024 03:08
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9537

Actions (login required)

View Item View Item