RETNO SETIANINGRUM, . (2024) THE EFFECT OF USING ANIMATION VIDEO ON STUDENTS’ SPEAKING ABILITY AT SMAN 1 PANGKAH (An Experimental Research at SMAN 1 Pangkah in Academic Year 2023/2024). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
![]() |
Text
COVER-BAB 3 - Retno Setianingrum.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 4-BAB 5 - Retno Setianingrum.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFPUS&LAMPIRAN - Retno Setianingrum.pdf Download (3MB) |
Abstract
Setianingrum, Retno. 2024. 1620600003: “Pengaruh Penggunaan Video Animasi terhadap Kemampuan Berbicara Siswa di SMAN 1 Pangkah (Sebuah Studi Eksperimen pada SMAN 1 Pangkah Tahun Pelajaran 2023/2024)”. Proyek Penelitian, Program Strata I, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal, Pembimbing I H. Sumartono, M.Pd dan Pembimbing II Sanday Jamaludin, M.Pd. Kata kunci: Animation Video, Speaking Ability, Teaching Speaking Penelitian ini dilakukan untuk menemukan pengaruh signifikan penggunaan video animasi terhadap kemampuan berbicara siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh video animasi dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa di SMAN 1 Pangkah, dan (2) untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan video animasi dalam proses pembelajaran berbicara. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain post- test saja. Populasi penelitian terdiri dari 324 siswa kelas sebelas SMAN 1 Pangkah. Peneliti menerapkan purposive sampling dengan desain dua kelompok (kelompok eksperimen dan kontrol). Sampel terdiri dari 72 siswa: 36 siswa dalam kelompok eksperimen dan 36 siswa dalam kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen memiliki nilai rata-rata post-test sebesar 73,67, dibandingkan dengan 65,89 untuk kelompok kontrol. Uji t sampel independen menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000, yang menunjukkan pengaruh positif signifikan dari video animasi terhadap kemampuan berbicara. Oleh karena itu, hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hasil kuesioner menunjukkan respon positif dari siswa kelompok eksperimen terhadap penggunaan video animasi dalam proses pembelajaran berbicara. Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan video animasi secara signifikan meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Oleh karena itu, temuan dari penelitian ini dapat menjadi referensi yang berguna untuk penelitian di masa depan yang bertujuan meningkatkan kemampuan berbicara siswa menggunakan media inovatif.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 02:04 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 02:04 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9630 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |