THE EFFECTS OF USING VISUAL DICTIONARY ON STUDENTS’ WRITING ABILITY (An Experimental Research at the Ten Graders of SMA Negeri 1 Pagerbarang in Academic Year 2023/2024)

ALMANDA TIARA MAHDANI, . (2024) THE EFFECTS OF USING VISUAL DICTIONARY ON STUDENTS’ WRITING ABILITY (An Experimental Research at the Ten Graders of SMA Negeri 1 Pagerbarang in Academic Year 2023/2024). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Skripsi - Almanda Tiara Mahdani BAB 1 - 3 - Almanda tiara mahdani.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi - Almanda Tiara Mahdani BAB 4 - 5 - Almanda tiara mahdani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB)
[img] Text
Skripsi - Almanda Tiara Mahdani Referensi -Lampiran - Almanda tiara mahdani.pdf

Download (3MB)

Abstract

MAHDANI, ALMANDA TIARA. 2024. Pengaruh Penggunaan Kamus Visual terhadap Kemampuan Menulis Siswa di SMA Negeri 1 Pagerbarang (Penelitian Eksperimental pada Siswa Kelas Sepuluh SMA Negeri 1 Pagerbarang Tahun Ajaran 2023/2024). Proyek Penelitian. Departemen Inggris. Fakultas Pelatihan dan Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Taufiqulloh, M.Hum. Pembimbing II : H. Sumartono, M.Pd. Kata kunci: Kemampuan Menulis, Penerapan Kamus Visual, Penelitian Kuantitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media aplikasi kamus visual sebagai strategi pembelajaran bahasa Inggris dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa di. Serta perbedaan antara siswa yang diajar menggunakan aplikasi kamus visual sebagai medianya dan yang tidak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain true eksperimen, Populasi penelitian ini adalah siswa kelas sepuluh dengan jumlah siswa kelas eksperimen sebanyak 25 orang dan kelas kontrol berjumlah 25 siswa. Dengan pengolahan data menggunakan SPSS 22 dan pengumpulan data ini melalui dua intrumen yaitu pre-test, treatment dan post-test yang dilaksanakan pada 14 mei 2024 sampai 7 juni 2024 di SMA Negeri 1 Pagerbarang. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil posttest kelas eksperimen sebesar 55,85 mengungguli kelas kontrol sebesar 40,60. Berdasarkan hasil Uji Paired Sample t Test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari (<) 0,05. Dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulannya, penggunaan aplikasi kamus visual sebagai media pembelajaran. mempunyai pengaruh positif terhadap penguasaan kosa kata siswa. Penelitian ini menyarankan siswa untuk berlatih pemahaman dengan menggunakan media seperti aplikasi kamus visual. Guru juga disarankan menggunakan media yang tepat untuk mendukung pembelajaran siswa menulis bahasa Inggris.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 16 Oct 2024 04:11
Last Modified: 16 Oct 2024 04:11
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9833

Actions (login required)

View Item View Item