Susanto, . (2025) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP KINERJA GURU SMK SWASTA DI KABUPATEN TEGAL (STUDI PADA GURU YANG BERSERTIFIKASI DAN TIDAK BERSERTIFIKASI). Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
![]() |
Text
hal cover - bab 3 - Susanto Waluyo.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab 4 dan 5 - Susanto Waluyo.docx Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
![]() |
Text
Daftar pustaka dan lampiran2 (1) - Susanto Waluyo.pdf Download (5MB) |
Abstract
Susanto. 2024. Pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap kinerja guru smk swasta di kabupaten Tegal (studi pada guru yang bersertifikasi dan tidak bersertifikasi)”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing 1 Dr. Taufiqulloh, M.Hum., Pembimbing II Dr. Yoga Prihatin, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap kinerja guru SMK swasta di Kabupaten Tegal, dengan memperhatikan perbedaan antara guru yang bersertifikasi dan tidak bersertifikasi. Kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual merupakan dua aspek penting dalam kinerja guru, yang diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis jalur (path analysis) untuk menguji hubungan kausal antara variabel-variabel yang diteliti. Populasi penelitian melibatkan 60 guru SMK swasta di Kabupaten Tegal, yang terdiri dari 30 guru bersertifikasi dan 30 guru tidak bersertifikasi. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Kuesioner ini mencakup tiga variabel utama, yaitu kecerdasan emosional (X1), kecerdasan spiritual (X2), dan kinerja guru (Y). Kecerdasan emosional diukur melalui indikator kemampuan mengelola emosi, empati, serta keterampilan interpersonal, sedangkan kecerdasan spiritual diukur melalui indikator seperti kesadaran akan makna hidup, nilai-nilai spiritual, dan integritas moral. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Guru bersertifikasi memiliki nilai rata-rata kecerdasan emosional sebesar 105, sedangkan guru tidak bersertifikasi memiliki nilai rata-rata 103. Hal ini menunjukkan bahwa guru bersertifikasi cenderung memiliki kemampuan yang lebih baik dalam mengelola emosi dan membangun hubungan interpersonal yang positif, yang berdampak pada kinerja mereka di lingkungan kerja. Selain itu, kecerdasan spiritual juga terbukti berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Guru bersertifikasi memiliki rata-rata kecerdasan spiritual sebesar 104, sementara guru tidak bersertifikasi memiliki nilai rata-rata 103. Ini menunjukkan bahwa guru dengan sertifikasi cenderung memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang nilai-nilai spiritual yang tercermin dalam etos kerja dan pengabdian mereka sebagai pendidik. Kinerja guru secara keseluruhan menunjukkan perbedaan yang signifikan antara guru bersertifikasi dan tidak bersertifikasi, dengan nilai rata-rata kinerja sebesar 76,67 untuk guru bersertifikasi dan 75,33 untuk guru tidak bersertifikasi. Meskipun perbedaan ini tampak kecil, hasil analisis statistik menunjukkan bahwa perbedaan tersebut cukup signifikan untuk dijadikan dasar dalam menarik kesimpulan. Guru bersertifikasi tampaknya lebih mampu memenuhi standar profesional dan menunjukkan tingkat kinerja yang lebih tinggi dibandingkan dengan rekan mereka yang tidak bersertifikasi.Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja guru.
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pedagogi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 06:46 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 06:46 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10106 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |