MODEL ASESMEN CAPAIAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI AKHIR FASE D PADA KURIKULUM MERDEKA

Ika Septi Lusiana, . (2025) MODEL ASESMEN CAPAIAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI AKHIR FASE D PADA KURIKULUM MERDEKA. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
THESIS COVER-BAB1-3 - Ikasepti Lusiana.docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
THESIS BAB4-5 - Ikasepti Lusiana.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
THESIS DAPUS&LAMPIRAN-dikompresi - Ikasepti Lusiana.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ika Septi lusiana. 2024. “Model Asesmen Capaian Pembelajaran Matematika di akhir fase D Pada Kurikulum Merdeka”. Tesis, Program Studi Magister Pedagogi, Program Pascasarjana, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Purwo Susongko, M.Pd., Pembimbing II Dr. Dewi Amaliah Nafiati, S. Pd, M. Si. Kata Kunci: asesmen, capaian pembelajaran matematika, model rasch. Penelitian ini dilatarbelakangi pada saat ini, belum tersedia instrumen asesmen yang mampu mengukur secara menyeluruh kemampuan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan komunikasi matematis. Pembatasan penelitian ini terletak pada fokus pengembangan instrumen asesmen berbasis teori tes modern model Rasch, yang bertujuan untuk menghasilkan instrumen yang valid dan reliabel. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan memvalidasi instrumen asesmen capaian pembelajaran matematika. Asesmen dalam Kurikulum Merdeka berfokus pada pengembangan kompetensi peserta didik secara menyeluruh, termasuk aspek kognitif. Capaian pembelajaran matematika dirancang untuk mengembangkan kemampuan bernalar kritis, pemecahan masalah, dan komunikasi matematis. Penelitian ini juga mengacu pada teori Rasch yang memberikan pendekatan modern dalam evaluasi asesmen, memungkinkan pengukuran yang lebih akurat terhadap kemampuan siswa dengan meminimalkan bias dalam hasil penilaian. Penelitian ini merupakan Research and Development dengan desain penelitian menggunakan model prosedur ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi). Subjek penelitian terdiri dari 253 peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Comal Kabupaten Pemalang. Dalam mengembangkan dan menganalisis instrumen menggunakan validitas Messick (1996) yang terdiri dari 5 aspek meliputi isi, substantif, struktural, eksternal, dan konsekuensial. Instrumen tes capaian pembelajaran matematika ini disajikan dalam bentuk soal pilihan ganda dengan jumlah butir sebanyak 40 soal. Analisis data dengan Rasch model pada R programming version 4.3.3 memberikan hasil ada 4 butir soal yang tidak layak digunakan sebagai instrumen pengukuran kemampuan capaian pembelajaran matematika yaitu butir yang tidak cocok dengan model (nomor 2, 3, 39 dan 40) dan butir yang terdeteksi DIF pada taraf signifikansi 0.01 yaitu butir nomor 1 dan 4. Sementara butir lainnya dengan analisis validitas yang mencakup isi, substantif, struktural, eksternal, konsekuensial memenuhi persyaratan sebagai butir yang baik. Rekomendasi untuk penelitian ini meliputi penggunaan instrumen yang dikembangkan sebagai acuan untuk menilai hasil belajar matematika di akhir Fase D dengan memperbaiki butir soal yang tidak layak, tes kemampuan capaian pembelajaran matematika di akhir fase D pada kurikulum merdeka dapat digunakan sebagai bank soal. Penelitian R&D dengan ADDIE ini hanya sampai tahap Analysis, Desain, Development, sehingga peneliti berharap untuk penelitian berikutnya bisa mengembangkan sampai tahap Implementation dan Evaluation.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Feb 2025 06:46
Last Modified: 18 Feb 2025 06:46
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10107

Actions (login required)

View Item View Item