MODEL ASESMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SEBAGAI CAPAIAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA FASE D (SMP)

Nursichati, . (2025) MODEL ASESMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SEBAGAI CAPAIAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA FASE D (SMP). Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
BAB I-III - Nursichati Nursichati.docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV-V - Nursichati Nursichati.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Dapus-Lampiran1 - Nursichati Nursichati.docx

Download (2MB)

Abstract

Nursichati. 2025. “Model Asesmen Kemampuan Berpikir Kritis Sebagai Capaian Profil Pelajar Pancasila Pada Fase D (SMP)”. Tesis, Program Studi Magister Pedagogi, Program Pascasarjana, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Purwo Susongko, M.Pd., Pembimbing II Dr. Tri Mulyono, M.Pd. Kata Kunci: asesmen, kurikulum, berfikir kritis, profil pelajar pancasila, fase D, model rasch. Penelitian ini dilatarbelakangi saat ini belum tersedia instrumen asesmen yang mampu mengukur secara menyeluruh capaian profil pelajar Pancasila khususnya pada elemen kemampuan berfikir kritis di akhir fase D. Penelitian ini bertujuan untuk memvalidasi instrumen asesmen tersebut dengan menggunakan pendekatan model Rasch yang memberikan pendekatan modern dalam evaluasi asesmen, memungkinkan pengukuran yang lebih akurat terhadap kemampuan siswa dengan meminimalkan bias dalam hasil penilaian. Meitodei peineilitian ini meingguinakan peineilitian dan peingeimbangan (reiseiarch and deiveilopmeint) , Subjek penelitian terdiri dari 240 peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Pagerbarang Kabupaten Tegal. Instrumen tes kemampuan bernalar kritis ini disajikan dalam bentuk soal pilihan ganda dengan jumlah butir sebanyak 20 soal, Analisis data dengan Rasch model pada R programming version 4.3.3. Hasil peineilitian meinuinjuikkan bahwa guirui dan keipala seikolah meimiliki keibuituihan yang signifikan, Desain instrumen penelitian ini meintegrasikan indikator kemampuan berpikir kritis, seperti memperoleh dan memproses informasi, menganalisis dan mengevaluasi penalaran beserta prosedurnya, merefleksi pemikiran dan proses berfikir secara kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat kesukaran butir pada rentang antara -0,4977 hingga 2.1681, 17 soal atau 85 % termasuk dalam kategori baik (berdasarkan rentang nilai measure dari kategori mudah sampai dengan sukar) sesuai dengan kriteria yang di persyaratkan yaitu diantara -2 sampai +2, c) Pada taraf kepercayaan 99,17% kemampuan peserta tes sesuai dengan model, d) Hasil uji kelayakan model, validitas substantif dikatakan valid dan layak dipakai. Hasil output Goodness of Fit adalah sebagai berikut: uji Collapse Deviance 0,012, Hosmer-Lemeshow 0,001, dan Casewise Deviance 0,000. P-value yang kurang dari 0,01 memenuhi uji kelayakan model seperti Collapse Deviance dan Casewise Deviance. Selain itu, nilai p-value untuk akurasi akurasi sebesar 62,1%, sensitivitas sebesar 47,9%, dan spesifisitas sebesar 0,736 yang artinya semua mendekati dari nilai 1,0, e) Validitas aspek struktural uji unidimensi menjelaskan 53,795% variasi dan grafik scree plot turun melandai sehingga dapat dipastikan bahwa Ho diterima dan tes mengandung satu dimensi, f) Uji invariansi Anderson LR test p-value sebesar 0, Ho diterima sehingga parameter bersifat invariant, g) Pada taraf 100% tidak ada butir yang terdeteksi DIF

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Feb 2025 06:47
Last Modified: 18 Feb 2025 06:47
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10109

Actions (login required)

View Item View Item