FAHRIANA ALFIOKTI T, . (2025) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN LITERASI SAINS BERBASIS DIGITAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
![]() |
Text
tesis cover- bab3 Fahriana AT - fahriana alfiokti.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
tesis bab 4 -5 Fahriana AT - fahriana alfiokti.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
tesis dafpus-lampiran Fahriana AT_compressed - fahriana alfiokti.pdf Download (6MB) |
Abstract
Fahriana Alfiokti Tabacholly, 2025. “Pengembangan Instrumen Penilaian Literasi Sains Berbasis Digital pada Peserta Didik Kelas VIII SMP”. Tesis, Program Studi Magister Pedagogi, Program Pascasarjana, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing Utama Prof. Dr. Purwo Susongko, M.Pd, Pembimbing Pendamping Dr. Dewi Amaliah N, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menganalisis instrumen penilaian literasi sains berbasis digital untuk peserta didik kelas VIII SMP. Aplikasi digital yang digunakan untuk menyajikan instrumen penilaian literasi sains menggunakan aplikasi Quizizz. Pengembangan dan analisis instrumen dilakukan dengan pendekatan yang mencakup aspek isi, substantif, struktural, dan konsekuensial. Instrumen penilaian literasi sains dikembangkan berdasarkan delapan materi pembelajaran IPA kelas VIII semester 1, yang dirancang untuk mewakili kompetensi literasi sains sesuai standar PISA, yaitu: menjelaskan fenomena secara ilmiah (explaining phenomena scientifically), menginterpretasikan data dan bukti secara ilmiah (interpreting data and evidence scientifically), serta mengevaluasi dan merancang penyelidikan secara ilmiah (evaluating and designing scientific enquiry). Soal disajikan dalam bentuk pilihan ganda dengan total 48 butir soal. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan desain penelitian Formative Research Tessmer. Pendekatan penelitian yang diterapkan adalah metode campuran (mixed methods), yang mengombinasikan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari 158 peserta didik di SMPN 7 Brebes. Hasil analisis data menggunakan model Rasch dengan program R versi 4.4.2 dan paket eRm menunjukkan bahwa 85% butir soal valid dengan nilai p < 0.01. Berdasarkan validasi yang mencakup aspek isi, psikometri, dan konstruk (terdiri dari isi, substantif, struktural, dan eksternal), instrumen ini memenuhi persyaratan sebagai butir soal yang berkualitas baik. Produk akhir instrumen ini berjumlah 24 soal yang di uji operasionalkan kepada 24 peserta didik menggunakan aplikasi Quizizz. Hasil uji operasional menunjukkan adanya variasi tingkat pencapaian peserta didik dalam mengerjakan soal literasi sains. Nilai tertinggi 23/24 poin, yang mengindikasikan bahwa peserta didik menjawab 23 soal dengan benar dan hanya melakukan kesalahan pada 1 soal. Sementara itu, nilai terendah 9/24 poin, yang menunjukkan bahwa peserta didik menjawab 9 soal dengan benar, sedangkan 15 soal lainnya dijawab salah.
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pedagogi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 06:32 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 06:32 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10124 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |