PENGARUH PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI FASILITAS DAN KEMUDAHAN TERHADAP LOYALITAS PESERTA BPJS KESEHATAN MELALUI KEPUASAN PESERTA BPJS KESEHATAN PADA PELAYANAN POLI RAWAT JALAN RSUD M. ASHARI PEMALANG

RAKHMAN PURNAYUDHA, . (2025) PENGARUH PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI FASILITAS DAN KEMUDAHAN TERHADAP LOYALITAS PESERTA BPJS KESEHATAN MELALUI KEPUASAN PESERTA BPJS KESEHATAN PADA PELAYANAN POLI RAWAT JALAN RSUD M. ASHARI PEMALANG. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
cover - bab 3 - Rakhman Purnayudha.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB)
[img] Text
bab 4-bab 5 - Rakhman Purnayudha.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
daftar pustak-lampiran - Rakhman Purnayudha.docx

Download (762kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas, dan kemudahan terhadap loyalitas peserta melalui kepuasan peserta sebagai variabel mediasi di poli rawat jalan RSUD M. Ashari Pemalang. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada peserta yang berkunjung ke poli rawat jalan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 380 responden yang dipilih secara kebetulan (accidental sampling) saat berkunjung ke rumah sakit. Analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) berbasis AMOS dengan pengujian meliputi uji validitas dengan Confirmatory Factor Analysis (CFA), uji normalitas, uji outlier, serta analisis full model untuk pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan hanya terdapat tiga hubungan yang berpengaruh signifikan, yaitu fasilitas dan kemudahan terhadap kepuasan peserta, serta kemudahan terhadap loyalitas peserta. Sementara itu, kualitas pelayanan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan maupun loyalitas peserta. Fasilitas juga tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas. Lebih lanjut, kepuasan peserta tidak terbukti memediasi hubungan antara kualitas pelayanan, fasilitas, dan kemudahan terhadap loyalitas peserta. Dari temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemudahan adalah faktor paling penting dalam mempengaruhi kepuasan dan loyalitas peserta. Implikasinya, penyedia layanan perlu fokus pada upaya meningkatkan kemudahan bagi peserta dalam mengakses dan menggunakan layanan, karena hal ini terbukti lebih berdampak dibandingkan perbaikan kualitas pelayanan dan fasilitas.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Feb 2025 04:39
Last Modified: 20 Feb 2025 04:39
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10134

Actions (login required)

View Item View Item