PENGEMBANGAN MODEL MAKE A MATCH BERBASIS DIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN STUDENT WELL-BEING PADA PESERTA DIDIK SD DI KECAMATAN BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL

Khodijah, . (2025) PENGEMBANGAN MODEL MAKE A MATCH BERBASIS DIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN STUDENT WELL-BEING PADA PESERTA DIDIK SD DI KECAMATAN BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
TESIS_ KHODIJAH _COVER _ bab 3 - khodijah 88.docx
Restricted to Repository staff only

Download (698kB)
[img] Text
Tesis_ BAB 4 - BAB 5_ Khodijah - khodijah 88.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (733kB)
[img] Text
Daftar pustaka dan lampiran ok_Khodijah - khodijah 88.pdf

Download (4MB)

Abstract

Khodijah. 2025. ” Pengembangan Model Make a Match Berbasis Diferensiasi dalam Meningkatkan Student Well- Being Pada Peserta Didik SD Di Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal.Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sitti Hartinah, DS, MM., Pembimbing (II) Dr. Beni Habibi, M.Pd. Kata Kunci: Make a Match, Puzzle , Student Well Being Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk untuk mengetahui kebutuhan peserta didik terhadap student well- being, mengetahui desain model make a match berbasis diferensiasi, menganalisis kelayakan penggunaan model make a match berbasis diferensaisi guna mewujudkan student well-being dan mengetahui peningkatan student well-being pada peserta didik SD di kecamatan bumijawa kab. tegal . Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development dengan metode eksperimen (true experimental design). Alur penelitan dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini hanya pada tiga tahapan, yaitu analysis, design, dan development. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri Gugus Werkudara Kecamatan Bumijawa Kab Tegal. Sumber data dan sampel penelitian diambil dari peserta didik kelas V SDN Dukubenda 01, Dukubenda 02, Dukubenda 03 dan Sigedong 01 yang berjumlah 108 peserta didik.Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Produk yang dikembangkan peneliti dinyatakan valid berdasarkan hasil validasi ahli, yang mencakup dua aspek utama. Pertama, validasi materi terkait model Make a Match yang dilakukan oleh dua pengawas SD. Kedua, validasi media oleh dua pengawas SD. Hasil penelitian tahap analisis diperoleh data bahwa peserta didik kelas V SD Negeri gugus werkudara Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal membutuhkan model make a match berbasis diferensiasi dengan bantuan puzzle. Model Make a Match yang dirancang dan media puzzle dinyatakan sangat valid dan sangat layak baik dari penilaian ahli materi dan ahli media. Berdasarkan uji t hasil angket student well being pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh hasil nilai signifikansi 2 arah (t-tailed) student well being sebesar < 0,001 < 0.005. Sehingga dapat disimpulkan ada peningkatan student well being setelah menggunakan model make a match berbasis diferensiasi dengan menggunakan puzzle.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Feb 2025 06:32
Last Modified: 20 Feb 2025 06:32
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10135

Actions (login required)

View Item View Item