Mugih Handayani, . (2025) PENGEMBANGAN MODEL SUPERVISI AKADEMIK BERBASIS COACHING ALUR TIRTA-INOVATIF DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
![]() |
Text
COVER SAMPAI BAB 3 ( MP ) - Mugih Handayani.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
FILE TESIS BAB 4 SAMPAI BAB 5 ( MP ) - Mugih Handayani.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA SAMPAI LAMPIRAN - Mugih Handayani.pdf Download (2MB) |
Abstract
Handayani, Mugih. 2025. ”Pengembangan Model Supervisi Akademik Berbasis Coaching Alur Tirta-Inovatif dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Prof. Dr. Sitti Hartinah, DS, MM., Pembimbing II Dr. Dewi Amaliah Nafiati, S. Pd., M.Si. Kata Kunci: Pengembangan Model, Supervisi Akademik, Coaching, Alur Tirta, Kompetensi, Profesional, Guru Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan prototipe serta isntrumen model supervisi akademik berbasis coaching alur TIRTA_Inovatif dalam meningkatkan kompetensi profesional guru. Kerangka berpikir pada penelitian ini adalah pengembangan model supervisi akademik berbasis coaching alur TIRTA_Inovatif dapat diterapkan oleh kepala sekolah terhadap guru untuk meningkatkan kompetensi profesioanl guru yang masih di Dabin Dr. Wahidin Sudiro Husodo. Pendekatan penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan prosedur pengembangan ADDIE oleh Dick & Carry, penelitian dan pengembangan ini dilakukan dari tahap 1 hingga tahap 3 saja. Tahap-tahap tersebut adalah Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Subyek pada penelitian ini adalah semua Kepala Sekolah guru kelas 4 di Dabin Dr. Wahidin Sudiro Husodo. Dalam mengembangkan dan menganalisis instrumen meggunakan validitas Pendekatan Validitas Terpadu (Messick, 1989) yang teridiri dari validasi isi, validasi konstruk dan validasi produk. Analisis data dengan menggunakan uji kelayakan dan uji kepraktisan. Uji kelayakan diperoleh dari uji validitas dan uji reabilitas peneliti peroleh dari pengolahan data mengunnakan Software SPSS. Uji validitas diperoleh rata-rata 45, 54 dan 46. Hal ini menunjukan bahwa prototipe coaching alur TIRTA_Inovatif sangat siap untuk digunakan. Pada instumen tingkat profesioanal guru sebelum prototipe digunakan diperolah data dari 9 guru ada 6 guru berada pada kategori cukup mampu, dan 3 guru pada kategori mampu. Setelah prototipe diterapkan diperoleh hasil 5 guru pada kategori sangat mampu dan 4 guru pada kategori mampu. Dari data tersebut diperoleh kesimpulan bahwa kompetensi profesional guru meningkat setelah prototipe coaching alur TIRTA_Inovatif dilaksanakan. Produk yang dikembangkan oleh peneliti memiliki kriteria yang valid, hal tersebut ditunjukan dari hasil validasi ahli yang terdiri dari validasi isi oleh dosen UPS, validasi konstuk oleh 2 pengawas dan validasi produk oleh 2 Kepala Sekolah senior.
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pedagogi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 25 Feb 2025 02:39 |
Last Modified: | 25 Feb 2025 02:39 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10143 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |