SUKRON MA’MUN, . (2025) PENGEMBANGAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL BERBASIS SOCIAL AND EMOTIONAL LEARNING (SEL) UNTUK MENINGKATKAN INTRAPERSONAL ASPEK BELAJAR SISWA DI MAN KOTA TEGAL. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
![]() |
Text
COVER-BAB 3 - Sukma ma'mun.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 4-5 - Sukma ma'mun.pdf Restricted to Repository staff only Download (850kB) |
![]() |
Text
DAFPUS-LAMPIRAN - Sukma ma'mun.pdf Download (6MB) |
Abstract
Ma’mun, sukron. 2025.“Pengembangan Layanan Bimbingan Klasikal Berbasis Social And Emotional Learning (SEL) untuk Meningkatkan Intrapersonal Aspek Belajar Siswa di MAN Kota Tegal. ” Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Prof. Dr. Sitti Hartinah, DS., MM. Pembimbing II Dr. Hanung Sudibyo, M.Pd Kata kunci : Pengembangan, Bimbingan Klasikal, SEL, Intrapersonal. Tujuan yang dilakukannya penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui kebutuhan siswa pada layanan bimbingan klasikal berbasis Social and Emotional Learning (SEL) untuk meningkatkan intrapersonal aspek belajar siswa. (2) Mendesain pengembangan layanan bimbingan klasikal berbasis Social and Emotional Learning (SEL) untuk meningkatkan intrapersonal aspek belajar siswa (3) Mengetahui pengembangan layanan Bimbingan Klasikal berbasis Social and Emotional Learning (SEL) dapat meningkatkan kemampuan intrapersonal aspek belajar siswa (4) dan mengetahui efektifitas layanan Bimbingan Klasikal berbasis Social and Emotional Learning (SEL) dapat meningkatkan kemampuan intrapersonal aspek belajar siswa di MAN Kota Tegal. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development untuk menghasilkan media berupa modul Layanan Bimbingan Klasikal Berbasis Social And Emotional Learning (SEL). Penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE dari Dick and Carry. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/observasi, lembar validasi, wawancara, studi literatur dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MAN Kota Tegal yang berjumlah 482 siswa terdiri dari 213 siswa laki-laki dan 269 siswa perempuan.yang terbagi menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen.Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan uji normalitas, uji validitas, uji reliabilitas, uji t dan uji kelayakan serta efektifitas media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media modul layanan bimbingan terhadap kemampuan intrapersonal aspel belajar siswa, dalam hal ini media adalah positif memberikan pengaruh yang signifikan. Kesimpulan yang dapat diperoleh bedasarkan penelitian ini adalah Analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap media meliputi analisis kebutuhan siswa, analisia pengguna, analisis sarana dan prasarana. Mengetahui desain pengembangan media terdiri dari pemilihan media,pemilihan format, penyusunan soal dan jawaban serta merancang media aplikasi. Kelayakan media dari tiga validator memperoleh validasi materi sebesar 90,62%. Sedangakan pada aspek media memperoleh tara-rata sebesar 93,75%. Efektifitas penggunaan media pembelajaran dibuktikan dengan hasil belajar siswa antara hasil pre test dan post test kelas eksperimen mengalami peningkatan dari 13,89% menjadi 83,34%. Ini membuktikan bahwa media berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan intrapersonal aspek belajar siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pedagogi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 25 Feb 2025 02:41 |
Last Modified: | 25 Feb 2025 02:41 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10170 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |