EFI HERNAWATI, . (2025) EFEKTIVITAS METODE STORY TELLING BERMEDIA VIDEO DONGENG ANIMASI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA SEKOLAH DASAR KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
![]() |
Text
File Tesis Cover dan Bab 1-3 Efi Hernawati - Efi Hernawati.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
File Tesis BAB 4 -5 Efi Hernawati - Efi Hernawati.pdf Restricted to Repository staff only Download (574kB) |
![]() |
Text
File Daftar Pustaka - Efi Hernawati.pdf Download (530kB) |
Abstract
Hernawati, Efi. 2024. Tesis. “Efektivitas Metode Story Telling Bermedia Video Dongeng Animasi dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes” Program Studi Magister Pedagogi. Magister Pascasarjana, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Yoga Prihatin, M.Pd , Pembimbing II Dr. Hanung Sudibyo,M.Pd. Kata Kunci : Storytelling, Keterampilan Berbicara Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan keterampilan berbicara siswa kelas VI di Sekolah Dasar Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes. Sebagai kelas akhir di jenjang pendidikan dasar, siswa kelas VI seharusnya memiliki keterampilan berbicara yang memadai sebagai bekal menuju jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Namun, observasi awal menunjukkan bahwa pembelajaran berbicara di sekolah belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas metode storytelling dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini berjenis kuantitatif untuk mengetahui efektivitas metode storytelling terhadap keterampilan berbicara siswa, dan untuk mengetahui faktor – faktor apa saja yang dapat mempengaruhi keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini menggunakan uji seperti uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji T. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan pada hasil nilai pretest dan postest. Pada penilaian kategori "Tinggi", di mana awalnya tidak ada siswa yang mencapai kategori ini, namun setelah post-test terdapat 59 siswa dengan persentase 57,28%. Kategori "Cukup Tinggi" juga menunjukkan peningkatan sebesar 46,43%. Sebaliknya, kategori "Rendah" mengalami penurunan drastis sebesar 95,38%, sementara kategori "Sangat Rendah" mengalami penurunan 100%. Hal tersebut menunjukan bahwa pembelajaran dengan metode storytelling lebih efektif meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Selain itu, Faktor internal seperti fisiologi, psikologi, dan kognitif, serta faktor eksternal seperti lingkungan belajar, peran guru, dan ketersediaan sarana dan prasarana memengaruhi keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan metode storytelling dengan media audio-visual berupa dongeng animasi efektif meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 6 SD. Metode ini tidak hanya meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam berbicara di depan kelas, tetapi juga mengembangkan kemampuan bercerita, berpikir kritis, dan kreatif. Metode storytelling dapat menjadi alternatif menarik dan efektif untuk pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Meskipun ada tantangan seperti keterbatasan fasilitas dan perbedaan minat siswa, metode ini dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran.
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pedagogi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 25 Feb 2025 02:42 |
Last Modified: | 25 Feb 2025 02:42 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10173 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |