Cindy Pratiwi, . (2025) Personal Branding Calon Kepala Daerah Kabupaten Tegal dalam Meningkatkan Elektabilitas di Media Sosial Instagram. Jurnal Aristo (Social, Politic, Humaniora), 12 (3). pp. 1423-1433. ISSN 2338-5162 / 2338-5162
![]() |
Text
jurnal aristo cindy (1) - cindy pratiwi.pdf Restricted to Repository staff only Download (954kB) |
Abstract
Di era globalisasi ini media sosial terutama Instagram menjadi platform yang banyak digunakan oleh para aktor politik dalam mengenalkan personal branding dirinya untuk menarik perhatian publik. Strategi personal branding merupakan langkah yang baik dalam membangun komunikasi politik dengan para pemilih karena keterjangkauan pada saat kampanye. Sehingga dalam tulisan ini penulis ingin mengungkap strategi personal branding apa yang dilakukan oleh para calon. Artikel ini dianalisis menggunakan pendekatan political branding dengan menggunakan orange data mining sebagai alat koding untuk mengetahui sentimen dari publik. Data dari penelitian ini diambil dari beberapa postingan dari masing-masing calon dan komentar dari para pengguna Instagram. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa branding yang dilakukan dari kedua paslon menunjukkan sentimen yang dominan netral dari publik terhadap beberapa komentar yang dilontarkan pada kolom komentar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 06:36 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 06:36 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10205 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |