Muh. Agung Putra Bhayangkara, . (2025) IMPLEMENTASI KURIKULUM JARINGAN SEKOLAH ISLAM TERPADU (JSIT) DALAM MEMBANGUN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMPIT LUQMAN AL HAKIM SLAWI. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
![]() |
Text
1. COVER S.D BAB 3 - Agung Putra Bhayangkara.doc Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 4 S.D. BAB 5 - Agung Putra Bhayangkara.doc Restricted to Repository staff only Download (850kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA S.D. LAMPIRAN - Agung Putra Bhayangkara.doc Download (1MB) |
Abstract
Muh. Agung Putra Bhayangkara. 2024. “Implementasi Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Dalam Membangun Pendidikan Karakter Di SMPIT Luqman Al Hakim Slawi”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Prof. Dr. Beni Habibi, M.Pd. Pembimbing II Dr. Basukiyatno, M.Pd. Kata kunci :. Kurikulum JSIT, Pendidikan Karakter. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui perencanaan kurikulum, (2) Untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum, (3) Untuk mengetahui evaluasi, dan (4) Untuk mengetahui faktor apa sajakah yang mendukung dan menghambat implementasi kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) dalam membangun pendidikan karakter Di SMPIT Luqman Al Hakim Slawi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif studi kasus, yaitu peneliti yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah dengan hasil yang mementingkan makna dari pada generalisasi. Penelitian ini menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Penelitian ini menekankan pada implementasi kurikulum terpadu di SMPIT Luqman al Hakim dalam membangun pendidikan karakter berupa perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang diterapkan. Hasil penelitian antara lain: (1) Perencanaan kurikulum JSIT dalam membangun pendidikan karakter di SMPIT Luqman Al Hakim Slawi terdiri dari; Model kurikulum, Latar belakang integrasi dua kurikulum, Langkah Perencanaan Kurikulum Terpadu, dan Penyusunan Kurikulum Terpadu. (2) Pelaksanaan kurikulum JSIT di SMPIT Luqman Al Hakim Slawi terdiri dari; persiapan implementasi kurikulum, pengembangan program, proses implementasi kurikulum terpadu, dan model implementasi. (3) Evaluasi kurikulum JSIT di SMPIT Luqman Al Hakim Slawi terdiri dari; problematika implementasi kurikulum terpadu guru dan siswa, metode evaluasi kurikulum terpadu, model evaluasi dan dan hasil evaluasi. (4) faktor pendukungnya adalah sebagai berikut: kepemimpinan yang visioner dan komitmen terhadap pendidikan karakter, kurikulum yang terintegrasi dengan nilai-nilai islam, pembelajaran yang berorientasi pada karakter, kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung pendidikan karakter, dan kerjasama yang baik antara sekolah, keluarga, dan masyarakat. Faktor penghambat implementasi kurikulum JSIT di SMPIT Luqman Al Hakim Slawi antara lain: kurangnya pemahaman guru tentang pendidikan karakter, dan pengaruh lingkungan yang kurang kondusif.
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pedagogi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 06:37 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 06:37 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10226 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |