ANALISIS SIMPANG TIGA TAK BERSINYAL DENGAN MENGGUNAKAN MANAJEMEN LALU LINTAS PADA JALAN RAYA II UJUNGRUSI KEC. ADIWERNA KAB. TEGAL

PRATAMA, HASEMI RAFSANJANI (2025) ANALISIS SIMPANG TIGA TAK BERSINYAL DENGAN MENGGUNAKAN MANAJEMEN LALU LINTAS PADA JALAN RAYA II UJUNGRUSI KEC. ADIWERNA KAB. TEGAL. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER - BAB III RAMA - Hasemi Rafsanjani Pratama.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV - V RAMA - Hasemi Rafsanjani Pratama.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN RAMA - Hasemi Rafsanjani Pratama.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hasemi Rafsanjani Pratama, 2025 “Analisis Simpang Tiga Tak Bersinyal Dengan Menggunakan Manajemen Lalu Lintas Pada Jalan Raya II Ujungrusi Kec.Adiwerna Kab.Tegal”. Laporan skripsi Teknik Sipil Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Pancasakti Tegal. Jalan Raya II Ujungrusi adalah jalur alternatif yang menghubungkan Kabupaten Tegal dan Kota Tegal, digunakan berbagai kendaraan setiap hari. Jalan ini memiliki persimpangan tiga ruas dengan kondisi berbeda baik secara ukuran maupun elevasi, tanpa rambu, marka jalan yang kurang jelas, serta garis pemisah yang memudar, membingungkan pengguna jalan. Keberadaan restoran, warung, dan pedagang kaki lima menyebabkan arus lalu lintas tidak teratur, diperparah oleh parkir sembarangan dan ketiadaan trotoar yang membahayakan pejalan kaki. Simpang ini juga tidak memiliki lampu lalu lintas (APILL), sehingga sering terjadi kemacetan, terutama pada jam sibuk. Oleh karena itu, diperlukan analisis dan solusi untuk mengatasi permasalahan di persimpangan ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hambatan samping yang menyebabkan kemacetan lalu lintas, menganalisis kinerja simpang, mengetahui tingkat kemacetan dengan mengacu pada metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI, 1997) serta memberi solusi penanganan alternatif kemacetan lalu lintas pada Simpang Tiga Tak Bersinyal Pada Jalan Raya II Ujungrusi Kec.Adiwerna Kab.Tegal. Metode yang digunakan pada penelitian ini dimulai dengan meninjau lokasi dan pengambilan data di persimpangan tersebut. Jadwal pengamatan dibuat sebelum pengambilan data dilapangan untuk menentukan hari dan jam pengambilan data lalu lintas. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Adapun data primer adalah kondisi arus lalu lintas, geometrik persimpangan dan kondisi lingkungan, sedangkan data sekunder berupa pertumbuhan penduduk dan peta jaringan jalan. Data tersebut diolah berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI, 1997). Dari hasil pengamatan pada lokasi diketahui volume lalu lintas yang terjadi pada jam puncak pada hari senin antara jam 06.00 – 08.00 WIB, hambatan samping yang tergolong dalam kelas sedang (M). Kapasitas simpang 2294,52 smp/jam, Derajat Kejenuhan (DS) = 1,185, Tundaan Simpang (D) = 36,97 detik/smp, Peluang Antrian (QP%) adalah 115,85 untuk batas atas dan 57,16 untuk batas bawah, Tingkat Pelayanan Simpang (LoS) dalam tingkat D (25,1 – 40 detik/smp) atau dalam kategori kurang. Kata kunci : Simpang, Analisis, MKJI 1997 x ABSTRACT Hasemi Rafsanjani Pratama, 2025 “Analysis of Unsignalized Three-Way Intersection Using Traffic Management on Jalan Raya II Ujungrusi, Adiwerna District, Tegal Regency”. Civil Engineering thesis report, Faculty of Engineering and Computer Science, Pancasakti University, Tegal. Jalan Raya II Ujungrusi is an alternative route connecting Tegal Regency and Tegal City, used by various vehicles every day. This road has three-way intersections with different conditions both in size and elevation, without signs, unclear road markings, and faded dividing lines, confusing road users. The presence of restaurants, stalls, and street vendors causes irregular traffic flow, exacerbated by haphazard parking and the absence of sidewalks that endanger pedestrians. This intersection also does not have traffic lights (APILL), so congestion often occurs, especially during rush hour. Therefore, analysis and solutions are needed to overcome the problems at this intersection. The purpose of this study was to determine the extent of side obstacles that cause traffic congestion, analyze intersection performance, determine the level of congestion by referring to the Indonesian Road Capacity Manual (MKJI, 1997) method and provide alternative solutions for handling traffic congestion at the Unsignalized Three-Way Intersection on Jalan Raya II Ujungrusi, Adiwerna District, Tegal Regency. The method used in this study began by reviewing the location and collecting data at the intersection. An observation schedule was made before data collection in the field to determine the day and time of traffic data collection. This study uses primary and secondary data. The primary data are traffic flow conditions, intersection geometry and environmental conditions, while secondary data are in the form of population growth and road network maps. The data is processed based on the Indonesian Road Capacity Manual (MKJI, 1997). From the results of observations at the location, it is known that the traffic volume that occurs during peak hours on Monday between 06.00 - 08.00 WIB, side obstacles are classified as moderate (M). Intersection capacity 2294.52 smp/hour, Degree of Saturation (DS) = 1.185, Intersection Delay (D) = 36.97 seconds/smp, Queue Probability (QP%) is 115.85 for the upper limit and 57.16 for the lower limit, Intersection Service Level (LoS) is in level D (25.1 – 40 seconds/smp) or in the less category. Keywords: Intersection, Analysis, MKJI 1997

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Sipil
Depositing User: admin repository upstegal
Date Deposited: 24 Mar 2025 02:10
Last Modified: 24 Mar 2025 02:10
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10339

Actions (login required)

View Item View Item