WICAKSONO, ADITYA AJI (2025) DAMPAK CYBER BULLYING TERHADAP KESEHATAN MENTAL REMAJA PADA PENGGUNA GAME ONLINE DI DESA KERTAHARJA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
![]() |
Text
SKRIPSI Aditya Cover - Bab 3 - diana Setiawan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI Aditya Bab 4 - Bab 5 - diana Setiawan.pdf Restricted to Repository staff only Download (566kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI Aditya Dapus - Lampiran - diana Setiawan.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Wicaksono, Aji Adit 2024. Cyber Bullying Pada Kesehatan Mental Remaja Pengguna Game online Pada Desa Kertaharja” Skripsi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr, Hanung Sudibyo, M.Pd Pembimbing II : Arif Budiman S, M.Pd Kata Kunci : Remaja, Kesehatan Mental, Game online, Cyberbullying Perkembangan teknologi informasi membawa dampak positif dan negatif, salah satunya adalah munculnya perilaku cyber bullying, terutama di kalangan remaja dan generasi milenial. Cyber bullying mencakup tindakan seperti pelecehan verbal, penyebaran isu, impersonasi, ancaman, hingga penghinaan melalui media online, termasuk dalam dunia game online. Fenomena Game online yang seharusnya menjadi sarana hiburan malah menjadi pemicu perilaku perundungan yang berdampak kesehatan mental remaja memicu stres, gangguan mental, dan menurunkan kesehatan psikologis. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui bentuk cyberbullying, faktor yang mempengaruhi cyberbullying dan dampak cyberbullying. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti mempunyai 3 remaja yang akan dijadikan sebagai responden utama, dan 3 orang tua responden yang akan dijadikan data pendukung dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini adalah bentuk cyberbullying yang dialami oleh remaja di Desa Kertaharja, meliputi flaming (hinaan atau ejekan saat bermain game online), harassment (hinaan berulang yang dikirim secara pribadi), dan exclusion (pengucilan atau pengeluaran dari grup tanpa alasan jelas). Cyberbullying ini disebabkan oleh emosi negatif pemain lain, seperti kekesalan akibat kekalahan dalam permainan, yang dipicu oleh performa buruk atau gangguan koneksi internet pada korban. Dampaknya sangat signifikan, mencakup stres, depresi, rasa takut, kehilangan motivasi, serta gangguan pada perilaku sosial dan kesejahteraan emosional korban, yang dapat memengaruhi kehidupan mereka secara keseluruhan. Peneliti menyarankan agar remaja lebih bijaksana dalam bermain game online, terutama dalam penggunaan fitur chat, karena cyberbullying dapat memberikan dampak serius bagi korban. Selain itu, orang tua diharapkan lebih memperhatikan dan mengawasi aktivitas serta pergaulan anak untuk mencegah mereka menjadi korban atau pelaku bullying, baik secara langsung maupun dalam dunia digital.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Handri . . |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 06:37 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 06:37 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/10490 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |