PENGARUH VARIASI WAKTU PENAHANAN PANAS(HOLDING TIME)PADA PROSES HEAT TREATMENT MENGGUNAKAN BAJA KARBON RENDAH PADA PEMBUATAN GEAR SEPEDA MOTOR.

Misbah, Nur Alam (2020) PENGARUH VARIASI WAKTU PENAHANAN PANAS(HOLDING TIME)PADA PROSES HEAT TREATMENT MENGGUNAKAN BAJA KARBON RENDAH PADA PEMBUATAN GEAR SEPEDA MOTOR. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI ACC MISBAH N.A.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI ACC-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

MISBAH NUR ALAM.2020 “PENGARUH VARIASI WAKTU PENAHANAN PANAS (HOLDING TIME) PADA PROSES HEAT TREATMENT DENGAN MENGGUNAKAN BAJA KARBON RENDAH PADA PEMBUATAN GEAR SEPEDA MOTOR ” Teknik Mesin Universitas Pancasakti Tegal. Kemajuan bidang perindustrian tidak dapat dipisahkan dari perkembangan industri logam. Studi pengelolaan logam menjadi sangat penting untuk menghasilkan logam yang berkualitas baik. Perlakuan panas (heat treatment) suatu logam adalah proses pemanasan dan pengerasan logam padat sampai temperatur tertentu (hardening) dengan memvariasikan waktu penahanan panasnya (holding time) 10 menit, 25 menit dan 40 menit. Setelah dilakukan proses pemanasan diperlukan proses pendinginan (quenching) dengan media pendingin air garam dengan rasio 1 liter untuk masing-masing media quenching. Tujuan dari perlakuan panas adalah untuk memperoleh kondisi, sifat-sifat mekanik antara lain pengujian kekerasan, keausan, tarik suatu logam sesuai yang dihendaki. Tujuan penelitian ini mengetahui material gear sepeda motor pada gear motor Honda original denganhardening suhu 920°C dengan variasi holding time 10 menit, 25 menit dan 40 menit, dengan media quenching air garam yang kemudian di tempering suhu 250°C dengan holding time tetap 30 menit dan di quenching menggunakan udara, terhadap kekerasan bahan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen penelitian dengan menggunakan bahan baja ST 37. proseshardening suhu 920°C dengan variasi holding time 10 menit, 25 menit dan 40 menit, dengan media quenching air garam yang kemudian di tempering suhu 250°C dengan holding time tetap 30 menit dan di quenching menggunakan udaraterhadap uji kekerasan, keausan dan tarik bahan. Nilai rata dari pengujian kekerasan tertinggi terdapat pada pengujian variasi waktu 10 menit memiliki kekerasan sebesar 133,33 HB. Pengujian keausan tertinggi terdapat pada pengujian variasi waktu 10 menit yaitu 0,00014 mm³/kg dan pengujian kekuatan tarik tertinggi terdapat pada pengujian variasi waktu 40 menit memiliki kekuatan tarik yang paling besar yaitu 602,71 N/mm² Kata Kunci : Baja ST 37, hardening, holding time, quenching, tempering,uji kekerasan, uji keausan, uji tarik.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Depositing User: S.T Misbah Nur Alam
Date Deposited: 17 Feb 2020 03:26
Last Modified: 11 Jan 2023 01:53
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/1122

Actions (login required)

View Item View Item